Doa Keluar Rumah dan Artinya
Doa Keluar Rumah dan Artinya

Doa Keluar Rumah dan Artinya

Ketika kita akan meninggalkan rumah, dianjurkan untuk membaca doa agar kita selamat dalam perjalanan. Doa keluar rumah merupakan salah satu cara untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT. Doa sebelum keluar rumah dipercaya akan menjaga dan melindungi kita dari berbagai macam bahaya yang mungkin saja kita hadapi. Selain itu, doa keluar rumah juga membawa berkah-berkah yang Allah SWT berikan kepada kita.

Doa Keluar Rumah dalam Islam

Doa keluar rumah dalam Islam diucapkan sebelum berangkat. Doa ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita. Doa keluar rumah juga merupakan sebuah permintaan pertolongan kepada Allah SWT agar kita selamat dalam perjalanan. Doa keluar rumah berikut ini diucapkan oleh Rasulullah saw:

“Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk. Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, dengan nama-Nya aku bertobat, dengan nama-Nya aku berharap, dan dengan nama-Nya aku berlindung. Dengan nama-Nya aku menghadapi musuh-musuhku.” (HR. At-Tirmidzi)

Arti Doa Keluar Rumah

Doa keluar rumah yang diucapkan oleh Rasulullah saw memiliki beberapa arti. Di antaranya adalah:

1. Mengharapkan perlindungan Allah SWT. Dengan menyebut nama Allah SWT, kita berharap agar dijauhkan dari setiap kesesatan dan kejahatan. Kita berharap agar Allah SWT melindungi kita dari segala mara bahaya yang mungkin saja kita hadapi.

2. Menolak godaan syaitan. Dengan menyebut nama Allah SWT, kita berharap agar dijauhkan dari godaan syaitan. Godaan syaitan bisa datang dari mana saja, termasuk dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab di luar rumah. Oleh karena itu, dengan menyebut nama Allah SWT, kita berharap agar kita tidak terjebak oleh godaan syaitan.

3. Mengingat kembali tauhid. Dengan menyebut nama Allah SWT, kita ingat kembali bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang harus ditaati. Kita harus meninggalkan segala macam bentuk kesyirikan dan berpegang teguh pada tauhid.

4. Berdoa dan berharap. Dengan menyebut nama Allah SWT, kita berdoa dan berharap agar Allah SWT mengabulkan hajat kita. Kita berharap agar Allah SWT mencurahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita.

5. Menghadapi musuh-musuh. Dengan menyebut nama Allah SWT, kita berharap agar Allah SWT memberi kekuatan untuk menghadapi musuh-musuh kita. Kita berharap agar Allah SWT memberikan jalan keluar dari setiap masalah yang kita hadapi.

Kesimpulan

Doa keluar rumah merupakan salah satu cara untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT. Doa sebelum keluar rumah dipercaya akan menjaga dan melindungi kita dari berbagai macam bahaya yang mungkin saja kita hadapi. Doa keluar rumah dalam Islam diucapkan sebelum berangkat dan memiliki beberapa arti, di antaranya adalah mengharapkan perlindungan Allah SWT, menolak godaan syaitan, mengingat kembali tauhid, berdoa dan berharap, serta untuk menghadapi musuh-musuh.