Doa Keluar Ruangan dan Artinya
Doa Keluar Ruangan dan Artinya

Doa Keluar Ruangan dan Artinya

Doa keluar ruangan adalah doa yang biasa diucapkan oleh para muslim ketika hendak keluar dari ruangan atau tempat yang mereka tempati. Doa ini bertujuan untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT selama berada di luar ruangan. Doa yang biasa diucapkan antara lain:

“Bismillah, aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk.”

Doa tersebut merupakan doa yang terkenal di kalangan umat muslim. Doa ini berasal dari hadits Nabi Muhammad Saw. Pada suatu hari, Nabi Muhammad Saw. berdiri di pintu rumahnya dan mengucapkan doa sebagai berikut:

“Bismillah, aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk.”

Doa tersebut bisa diartikan sebagai berikut: Dengan nama Allah, aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk. Dengan doa ini, seorang muslim berharap agar Allah melindunginya dari godaan syetan serta seluruh kejahatan yang mungkin ia alami di luar ruangan.

Selain itu, ada juga doa yang biasa diucapkan ketika hendak keluar ruangan. Doa tersebut antara lain:

“Allahumma inni a’udzu bika an adziba wajhika, wa a’udzu bika min syarri ma khalaqa.”

Doa ini bisa diartikan sebagai berikut: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan yang tidak baik dan aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang diciptakan. Dengan doa ini, seseorang berharap agar Allah melindunginya dari segala hal yang di luar ruangan yang dapat membahayakan dirinya.

Selain doa yang di atas, ada juga doa yang biasa diucapkan ketika hendak keluar ruangan. Doa tersebut antara lain:

“Allahumma ini a’udzu bika min al-ma’tsi wal mughniyya, wa a’udzu bika min syarri al-akhthiyyi wal ibtilai.”

Doa ini bisa diartikan sebagai berikut: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekurangan dan kelebihan, aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan dan kesalahan.

Dengan doa ini, seseorang berharap agar Allah melindunginya dari segala hal yang bisa menyebabkan dirinya mengalami kesulitan di luar ruangan. Doa ini juga mengandung pengertian bahwa kita harus bersikap adil dan berhati-hati dalam melakukan segala aktivitas di luar ruangan.

Kesimpulan

Doa keluar ruangan adalah doa yang biasa diucapkan oleh para muslim ketika hendak keluar dari ruangan atau tempat yang mereka tempati. Doa ini bertujuan untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT selama berada di luar ruangan. Adapun doa yang biasa diucapkan antara lain: “Bismillah, aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk.”, “Allahumma inni a’udzu bika an adziba wajhika, wa a’udzu bika min syarri ma khalaqa.”, dan “Allahumma ini a’udzu bika min al-ma’tsi wal mughniyya, wa a’udzu bika min syarri al-akhthiyyi wal ibtilai.” Dengan doa-doa tersebut, para muslim berharap agar Allah melindunginya dari godaan syetan, kekurangan, kelebihan, dan segala kejahatan yang mungkin ia alami di luar ruangan.