Doa Keluar Masjid Beserta Artinya
Doa Keluar Masjid Beserta Artinya

Doa Keluar Masjid Beserta Artinya

Memasuki masjid dan keluar masjid adalah hal yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Selain berdoa ketika masuk masjid, kita juga dianjurkan untuk berdoa ketika keluar masjid. Doa ketika keluar masjid memiliki tujuan agar kita mendapatkan perlindungan dari Allah SWT selama di luar masjid. Beberapa doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika keluar masjid beserta dengan artinya adalah sebagai berikut:

Doa yang Dibaca Ketika Keluar Masjid

1. Dalam bacaan doa yang pertama, kita membaca : “بِسْمِ اللَّهِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ” Artinya : “Dengan menyebut nama Allah. Ya Allah, aku memohon kebajikan darimu”.

2. Bacaan doa yang kedua adalah : “اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ التَّوْفِيقَ لِمَا أَحْلَلْتُهُ وَأَعْتَرَفْتُ بِهِ” Artinya : “Ya Allah, aku memohon keberhasilan dari apa yang kauhalalkan dan aku akui dengannya.”

3. Bacaan doa yang ketiga adalah : “اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُطَايَا وَالْجَهْلِ وَالْبَخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ” Artinya : “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari kesalahan, kebodohan, kekikiran dan aku berlindung kepadamu dari siksa kubur.”

4. Bacaan doa yang keempat adalah : “اللَّهُمَّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَأَحْيِنِي مَعَ الأَئِمَّةِ الصَّالِحِينَ” Artinya : “Ya Allah, lapangkanlah dada-ku, mudahkanlah urusanku, dan hiduplah aku bersama para imam yang saleh.”

5. Bacaan doa yang kelima adalah : “اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ، اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَأَحْيِنِي مِنَ التَّهَاوُنِ وَالْهَزْلِ” Artinya : “Ya Allah, Tuhan manusia, lapangkanlah dada-ku, mudahkanlah urusanku, dan hiduplah aku dari kemalasan dan kekonyolan.”

6. Bacaan doa yang keenam adalah : “اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ” Artinya : “Ya Allah, aku memohon keselamatan di dunia dan akhirat serta aku berlindung dari siksa neraka”.

7. Bacaan doa yang ketujuh adalah : “اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِي، وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ، وَشِرْكِهِ” Artinya : “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku, setan dan segala genapannya.”

8. Bacaan doa yang kedelapan adalah : “اللَّهُمَّ أَغْنِنِي مِنْ فَقْرِي وَأَحْيِنِي مِنْ كُلِّ بَلاَءٍ” Artinya : “Ya Allah, bebaskan aku dari kemiskinan dan hiduplah aku dari segala kesulitan.”

9. Bacaan doa yang kesembilan adalah : “اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ” Artinya : “Ya Allah, bantulah aku untuk selalu mengingatmu dan berterima kasih kepada-Mu.”

10. Bacaan doa yang kesepuluh adalah : “اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ” Artinya : “Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan yang selalu bersuci”.

Kesimpulan

Doa keluar masjid adalah doa yang harus dibaca oleh kita ketika keluar dari masjid. Doa ini memiliki tujuan agar kita mendapat perlindungan dari Allah SWT selama di luar masjid. Di antara doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika keluar masjid adalah : Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah aku memohon keberhasilan dari apa yang Kauhalalkan, Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kesalahan, kebodohan dan kekikiran, Ya Allah lapangkanlah dada-ku dan mudahkanlah urusanku, dan Ya