Doa Kanzul Arsy Beserta Artinya
Doa Kanzul Arsy Beserta Artinya

Doa Kanzul Arsy Beserta Artinya

Doa Kanzul Arsy adalah salah satu doa yang paling agung dan suci. Doa ini merupakan doa yang diutarakan oleh Nabi Muhammad saw sebagai permohonan petunjuk dan kebaikan. Doa ini juga dipahami sebagai doa untuk memohon kepada Allah SWT agar mengampuni dosa-dosa kita dan menghapuskan segala kesulitan yang kita hadapi. Selain itu, doa ini juga dipercaya dapat menolong umat Islam untuk mencapai keberhasilan dan kemuliaan.

Doa Kanzul Arsy ini terdiri dari tujuh ayat kursi yang diucapkan secara berurutan dalam bahasa Arab. Masing-masing ayat memiliki arti yang berbeda dan menyampaikan pesan yang berbeda pula. Berikut ini adalah terjemahan doa Kanzul Arsy beserta artinya:

Ayat Pertama

Ayat pertama doa Kanzul Arsy adalah “Bismillahirrahmanirrahim”. Ini adalah doa yang sangat penting yang harus diucapkan sebelum memulai sesuatu. Dalam bahasa Arab, ayat ini berarti “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang”. Dengan mengucapkan doa ini, kita berharap agar Allah SWT memberi kita keberkahan, kesehatan, dan kebahagiaan.

Ayat Kedua

Ayat kedua doa Kanzul Arsy adalah “Qul huwallahu ahad”. Ini adalah ayat yang berarti “Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa”. Dengan mengucapkan ayat ini, kita mengingatkan kita bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang berhak disembah dan dipercaya. Kita juga mengingatkan bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Ayat Ketiga

Ayat ketiga doa Kanzul Arsy adalah “Allahu samad”. Ini adalah ayat yang berarti “Allah adalah segala-galanya”. Dengan mengucapkan ayat ini, kita mengingatkan bahwa Allah SWT adalah semua yang ada di alam semesta. Allah SWT adalah sumber segala kekuatan dan kekuasaan yang menciptakan dan mengatur segala hal yang ada di alam semesta.

Ayat Keempat

Ayat keempat doa Kanzul Arsy adalah “Lam yalid wa lam yulad”. Ini adalah ayat yang berarti “Tidak ada yang lahir, tidak ada yang mati”. Dengan mengucapkan ayat ini, kita mengingatkan bahwa tidak ada yang dapat menghalangi kuasa Allah SWT. Allah SWT adalah satu-satunya yang dapat menciptakan dan memusnahkan sesuatu.

Ayat Kelima

Ayat kelima doa Kanzul Arsy adalah “Wa lam yakullahu kufuwan ahad”. Ini adalah ayat yang berarti “Dan tidak ada yang setara dengan Allah”. Dengan mengucapkan ayat ini, kita mengingatkan bahwa tidak ada yang dapat menandingi kekuatan dan kuasa Allah SWT. Allah SWT adalah satu-satunya yang berhak disembah dan dipercaya.

Ayat Keenam

Ayat keenam doa Kanzul Arsy adalah “Qul a’udhu bi rabbin nass”. Ini adalah ayat yang berarti “Katakanlah aku berlindung kepada Tuhan manusia”. Dengan mengucapkan ayat ini, kita memohon kepada Allah SWT agar memberi kita bimbingan, petunjuk dan kebaikan. Kita berharap agar Allah SWT dapat menjaga kita dari segala bencana dan kesulitan yang mungkin kita hadapi.

Ayat Ketujuh

Ayat ketujuh doa Kanzul Arsy adalah “Maalikin nafsi dzatir rasooli”. Ini adalah ayat yang berarti “Yang menjadi penguasa atas jiwa rasul-Nya”. Dengan mengucapkan ayat ini, kita memohon kepada Allah SWT agar memberi Nabi Muhammad saw petunjuk dan kebaikan. Kita berharap agar Allah SWT dapat memberi rahmat dan kemuliaan kepada Nabi Muhammad saw.

Kesimpulan

Doa Kanzul Arsy merupakan salah satu doa yang paling agung dan suci dalam agama Islam. Doa ini terdiri dari tujuh ayat kursi yang diucapkan secara berurutan dalam bahasa Arab. Doa ini dipercaya dapat memberi kita petunjuk, kebaikan, keberkahan, dan kemuliaan. Dengan mengucapkan doa ini, kita berharap agar Allah SWT akan memberkati dan melindungi kita dalam segala hal.