Doa Jenazah Laki-laki dan Artinya
Doa Jenazah Laki-laki dan Artinya

Doa Jenazah Laki-laki dan Artinya

Setiap umat Muslim diwajibkan untuk melakukan shalat jenazah. Shalat Jenazah merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Doa jenazah ini berbeda-beda antara laki-laki dan perempuan. Doa jenazah laki-laki merupakan doa yang digunakan untuk menyalati jenazah laki-laki. Doa jenazah ini berisi ucapan yang ditujukan untuk menghormati jenazah yang telah meninggal dunia. Berikut adalah doa jenazah laki-laki dan artinya.

Doa Jenazah Laki-laki Bismillah

Doa jenazah laki-laki yang paling umum adalah doa Bismillah. Doa ini adalah doa yang paling sering digunakan untuk menyalati jenazah laki-laki. Doa ini berbunyi “Bismillah wa ala baraka-llah”. Doa ini berarti “Dengan nama Allah dan dengan berkat Allah”. Ucapan ini digunakan untuk menunjukkan bahwa jenazah telah diberkati oleh Allah.

Doa Jenazah Laki-laki Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un

Doa jenazah laki-laki yang berikutnya adalah doa Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Doa ini dalam bahasa Arab berarti “Sesungguhnya kami berasal dari Allah dan kepada-Nya kami akan kembali”. Ucapan ini digunakan untuk menunjukkan bahwa jenazah telah dipanggil oleh Allah. Ucapan ini juga menyatakan bahwa Allah telah mengangkat jenazah yang telah meninggal dunia.

Doa Jenazah Laki-laki Ala Inna Allahu wa malaikatihi yusalluna alan-nabi

Doa jenazah laki-laki berikutnya adalah doa Ala Inna Allahu wa malaikatihi yusalluna alan-nabi. Doa ini dalam bahasa Arab berarti “Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya mengirimkan salam kepada Nabi (Muhammad)”. Ucapan ini digunakan untuk menghormati Nabi Muhammad. Ucapan ini juga digunakan untuk menyampaikan salam dari Allah dan malaikat-Nya kepada jenazah yang telah meninggal dunia.

Doa Jenazah Laki-laki La haula wa la quwata illa billah

Doa jenazah laki-laki berikutnya adalah doa La haula wa la quwata illa billah. Doa ini dalam bahasa Arab berarti “Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah”. Ucapan ini digunakan untuk menyatakan bahwa jenazah telah diberi pertolongan oleh Allah. Ucapan ini juga menyatakan bahwa Allah telah mengangkat jenazah yang telah meninggal dunia.

Doa Jenazah Laki-laki La ilaha illallah

Doa jenazah laki-laki berikutnya adalah doa La ilaha illallah. Doa ini dalam bahasa Arab berarti “Tiada Tuhan selain Allah”. Ucapan ini digunakan untuk menyatakan bahwa semua kemuliaan hanya milik Allah. Ucapan ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan dan semua kemuliaan hanyalah milik-Nya.

Doa Jenazah Laki-laki Al-Fatihah

Doa jenazah laki-laki berikutnya adalah doa Al-Fatihah. Doa ini dalam bahasa Arab berarti “Pembukaan”. Doa ini digunakan untuk membuka shalat jenazah. Doa ini juga digunakan untuk menyampaikan salam dari Allah dan malaikat-Nya kepada jenazah yang telah meninggal dunia.

Doa Jenazah Laki-laki Allahumma inna naj’aluka fi nuhurihim wa nakhlathu fi kulli dain

Doa jenazah laki-laki berikutnya adalah doa Allahumma inna naj’aluka fi nuhurihim wa nakhlathu fi kulli dain. Doa ini dalam bahasa Arab berarti “Ya Allah, sesungguhnya Kami menjadikan orang yang telah meninggal dunia sebagai saksi dan kami telah menyembelih unta untuk setiap orang yang telah meninggal dunia”. Ucapan ini digunakan untuk menyatakan bahwa jenazah telah dimasukkan ke dalam kerajaan Allah dan diberi pahala yang setara dengan orang yang telah menyembelih unta.

Doa Jenazah Laki-laki Allahumma ij’alhu fi kulli khayrin

Doa jenazah laki-laki berikutnya adalah doa Allahumma ij’alhu fi kulli khayrin. Doa ini dalam bahasa Arab berarti “Ya Allah, tempatkanlah dia dalam segala kebaikan”. Ucapan ini digunakan untuk menyatakan bahwa jenazah telah dimasukkan ke dalam kerajaan Allah dan diberi segala kebaikan yang ada di sana.

Doa Jenazah Laki-laki Ya Allah, ampunilah dia

Doa jenazah laki-laki berikutnya adalah doa Ya Allah, ampunilah dia. Doa ini digunakan untuk memohon ampunan dari Allah untuk jenazah yang telah meninggal dunia. Dengan doa ini, kita berharap bahwa jenazah yang telah meninggal dunia akan diterima oleh Allah dan diberikan rahmat dan ampunan-Nya.

Kesimpulan

Doa jenazah laki-laki adalah doa yang digunakan untuk menyalati jenazah laki-laki. Doa ini berisi ucapan yang ditujukan untuk menghormati jenazah yang telah meninggal dunia. Doa jenazah laki-laki yang paling umum adalah doa Bismillah, doa Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, doa Ala Inna Allahu wa malaikatihi yusalluna alan-nabi, doa La haula wa la quwata illa billah, doa La ilaha illallah, doa Al-Fatihah, doa Allahumma inna naj’aluka fi nuhurihim wa