Doa Istinja Latin dan Artinya
Doa Istinja Latin dan Artinya

Doa Istinja Latin dan Artinya

Doa istinja adalah salah satu doa yang biasa kita lakukan setelah kita beraktivitas di toilet. Istinja berasal dari bahasa arab yang berarti menghilangkan kotoran. Doa istinja juga dikenal dalam beberapa agama seperti Islam, Kristen, dan Yahudi.

Namun di dalam Islam sendiri, doa istinja memiliki arti yang sangat khusus. Ia merupakan doa yang harus dilakukan setelah buang air besar atau haid. Istinja sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan air dan kertas atau dengan jalan kering dengan menggunakan tanah.

Dalam kepercayaan Islam, doa istinja juga memiliki arti yang lebih dalam. Doa tersebut dianggap sebagai bentuk permohonan ampunan kepada Allah dari dosa yang telah kita lakukan. Dengan demikian, doa istinja adalah salah satu bentuk ibadah kepada Allah.

Doa istinja juga dikenal dalam bahasa Latin. Biasanya, doa tersebut ditulis dalam bentuk panjang menggunakan bahasa Latin. Berikut ini adalah doa istinja dalam bahasa Latin dan artinya:

Doa Istinja Latin

“Cleanso me Domine de peccatis meis, et ab omni macula mea munda me, ut cum sanctis tuis collaudem nomen tuum, alleluia.”

Artinya

“Bersihkan aku, ya Tuhan, dari dosaku dan hapuslah segala noda dariku agar aku dapat bersama-sama para kudus-Mu memuji nama-Mu, aleluya.”

Kesimpulan

Doa istinja adalah salah satu doa yang harus dilakukan setelah buang air besar atau haid. Doa istinja memiliki arti yang khusus dalam Islam, yakni sebagai bentuk permohonan ampunan kepada Allah dari dosa yang telah kita lakukan. Doa istinja pun dikenal dalam bahasa Latin, yaitu “Cleanso me Domine de peccatis meis, et ab omni macula mea munda me, ut cum sanctis tuis collaudem nomen tuum, alleluia.” Artinya adalah “Bersihkan aku, ya Tuhan, dari dosaku dan hapuslah segala noda dariku agar aku dapat bersama-sama para kudus-Mu memuji nama-Mu, aleluya.”