Doa Istikharah Jodoh dan Artinya
Doa Istikharah Jodoh dan Artinya

Doa Istikharah Jodoh dan Artinya

Doa Istikharah atau yang juga dikenal sebagai istikhara adalah sebuah doa dan ritual yang dikerjakan untuk meminta petunjuk atau bantuan dari Allah SWT terkait segala hal yang kita kerjakan, termasuk meminta petunjuk dalam menentukan jodoh. Doa istikharah jodoh dan artinya sebenarnya telah dijelaskan dalam kitab suci Al-Quran dan Hadist. Doa istikharah jodoh ini dikenal juga sebagai doa istikharah dalam menentukan jodoh dan artinya.

Doa istikharah jodoh memiliki 8 kata dalam bahasa Arab yang berarti “Kami minta petunjuk kepada Allah tentang yang terbaik bagi kami dalam hal ini”. Doa istikharah jodoh ini diucapkan oleh seseorang yang sedang memutuskan untuk menikah dengan seseorang yang akan menjadi jodohnya. Doa istikharah jodoh ini merupakan sebuah rukun islam yang menjadi bagian dari ibadah seseorang dalam mencari jodoh dan artinya.

Doa Istikharah Jodoh dan Artinya dalam Al-Quran

Doa Istikharah jodoh dan artinya telah dijelaskan dalam Al-Quran sebagai berikut, “Dan mintalah petunjuk kepada Allah, karena Allah Maha Mengetahui tentang segala sesuatu” (QS. Al-Ankabut: 78). Doa istikharah jodoh dan artinya ini mengajarkan kepada kita untuk sentiasa bertawassul kepada Allah SWT dengan berdoa dan meminta petunjuk dalam segala hal yang akan kita lakukan. Doa istikharah jodoh dan artinya ini mengingatkan kita agar selalu mengakrabkan diri dengan Allah SWT dan berdoa agar Allah SWT memberikan petunjuk dalam menentukan jodoh dan artinya.

Doa Istikharah Jodoh dan Artinya dalam Hadist

Doa Istikharah jodoh dan artinya telah dijelaskan juga dalam Hadist, “Ketika salah satu di antara kalian akan melakukan sesuatu, maka hendaklah ia melakukan istikharah.” (HR. Muslim). Doa istikharah jodoh dan artinya dari hadist ini mengajarkan kepada kita agar selalu berdoa ketika akan melakukan sesuatu, termasuk dalam menentukan jodoh. Doa istikharah jodoh dan artinya ini mengingatkan kita untuk selalu berdoa kepada Allah SWT agar diberikan petunjuk dalam menentukan jodoh yang tepat.

Cara Berdoa Istikharah Jodoh dan Artinya

Untuk berdoa istikharah jodoh dan artinya, caranya adalah sebagai berikut: Pertama, lakukan shalat sunnah 2 rakaat secara khudhu’. Kemudian, ayat istikharah jodoh dan artinya adalah “Allahumma inni astakhiruka bi ilmika wa astaqdiruka bi qudratika wa as-aluka min fadhlika al-azim fa-innaka taqdiru wala aqdiru wa ta’lamu wala a’lamu wa anta allamu al-ghuyub”. Setelah menyebutkan istikharah jodoh dan artinya, berdoalah kepada Allah SWT untuk meminta petunjuk dalam menentukan jodoh yang tepat.

Setelah melakukan doa istikharah jodoh dan artinya, selanjutnya tinggal menunggu petunjuk Allah SWT. Allah SWT akan memberikan petunjuk melalui perasaan, rasa yakin, dan rasa aman yang diberikan kepada kita. Jika merasakan perasaan yang positif, artinya jodoh tersebut adalah jodoh yang tepat untuk kita. Namun jika merasakan perasaan yang negatif, maka itu adalah petunjuk dari Allah SWT untuk tidak menikah dengan jodoh tersebut.

Keutamaan Berdoa Istikharah Jodoh dan Artinya

Berdoa istikharah jodoh dan artinya memiliki beberapa keutamaan, yaitu: Pertama, berdoa istikharah jodoh dan artinya akan membantu kita dalam menentukan jodoh yang tepat. Dengan berdoa istikharah jodoh dan artinya, kita akan mendapatkan petunjuk dari Allah SWT tentang jodoh yang tepat untuk kita. Kedua, berdoa istikharah jodoh dan artinya juga akan membuat kita mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan dalam menentukan jodoh. Dengan petunjuk yang diberikan oleh Allah SWT, kita akan merasa lebih yakin dan aman dalam menentukan jodoh.

Kesimpulan

Doa istikharah jodoh dan artinya merupakan sebuah doa yang dikerjakan untuk meminta petunjuk dari Allah SWT terkait dengan menentukan jodoh. Doa istikharah jodoh dan artinya telah dijelaskan dalam Al-Quran dan Hadist. Cara berdoa istikharah jodoh dan artinya adalah dengan melakukan shalat sunnah 2 rakaat dan menyebutkan ayat istikharah jodoh dan artinya. Berdoa istikharah jodoh dan artinya memiliki beberapa keutamaan, yaitu membantu kita dalam menentukan jodoh yang tepat dan membuat kita merasa lebih yakin dan aman dalam menentukan jodoh.