Doa Istikharah dan Artinya Rumaysho
Doa Istikharah dan Artinya Rumaysho

Doa Istikharah dan Artinya Rumaysho

Doa istikharah adalah doa yang dipanjatkan ketika kita akan membuat keputusan penting. Doa ini kita panjatkan untuk meminta petunjuk dan pertolongan Allah dalam menentukan suatu pilihan. Saat memanjatkan doa istikharah, kita berharap bahwa Allah SWT akan memberikan keputusan yang terbaik untuk kita. Doa ini biasa dipanjatkan ketika kita akan memutuskan sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan, bisnis, perkawinan, dan lain-lain.

Kapan Memanjatkan Doa Istikharah?

Kapan pun kita akan membuat keputusan penting, kita bisa memanjatkan doa istikharah. Kita bisa memanjatkan doa istikharah untuk memutuskan hal-hal yang berkaitan dengan perkawinan, bisnis, pekerjaan, dan lain-lain. Ketika memutuskan hal-hal tersebut, kita memang harus berhati-hati dan berpikir dengan jernih. Dengan memanjatkan doa istikharah, kita berharap Allah SWT akan memberikan petunjuk dan pertolongan agar kita bisa menentukan pilihan yang tepat.

Bagaimana Cara Memanjatkan Doa Istikharah?

Untuk memanjatkan doa istikharah, kita harus terlebih dahulu melakukan shalat sunnah istikharah. Shalat ini terdiri dari dua rakaat. Setelah itu, kita bisa memanjatkan doa istikharah. Doa istikharah diawali dengan membaca basmalah dan hamdalah. Kemudian, kita bisa memanjatkan doa istikharah seperti berikut:

اَللّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِّيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ، ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِّيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta petunjuk kepada-Mu dengan ilmu-Mu dan aku memohon kekuatan dari-Mu dengan kekuasaan-Mu, dan aku meminta keutamaan-Mu yang besar. Sesungguhnya Engkau Maha Kaya dan aku tidak mampu, Engkau Maha Mengetahui dan aku tidak mengetahui, Engkau Maha Mengetahui hal-hal yang ghaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa hal ini lebih baik untukku dalam agama, dunia dan akhiratku, maka tetapkanlah ia bagiku, mudahkanlah ia bagiku, lalu berkahilah aku dalam hal itu. Jika Engkau mengetahui bahwa hal ini buruk bagiku dalam agama, dunia dan akhiratku, maka jauhkanlah aku darinya, jauhkan aku dari keburukannya dan tetapkanlah bagiku kebaikan dimanapun ia berada. Lalu ridhaikannya bagiku.”

Apa Arti Doa Istikharah?

Doa istikharah adalah doa yang meminta petunjuk dan pertolongan Allah agar kita bisa menentukan pilihan yang terbaik. Dengan doa ini, kita berharap bahwa Allah SWT akan memberikan petunjuk dan pertolongan sehingga kita bisa menentukan pilihan yang tepat. Doa istikharah juga memiliki arti lain yaitu kita pasrah dan meyakini bahwa Allah SWT lah yang akan memberikan keputusan yang terbaik bagi kita.

Mengapa Harus Memanjatkan Doa Istikharah?

Doa istikharah adalah doa yang bisa membantu kita untuk menentukan pilihan yang terbaik. Ketika memutuskan sesuatu yang penting, kita harus berhati-hati dan berpikir dengan jernih. Namun, kita juga bisa memanjatkan doa istikharah untuk meminta petunjuk dan pertolongan dari Allah SWT. Dengan doa ini, kita berharap bahwa Allah SWT akan memberikan keputusan yang terbaik bagi kita.

Kapan Pilihan Ditentukan Setelah Memanjatkan Doa Istikharah?

Setelah memanjatkan doa istikharah, kita harus berhati-hati dalam menentukan pilihan. Kita harus berpikir dengan jernih dan melihat berbagai faktor yang mungkin bisa mempengaruhi pilihan kita. Kita juga harus memperhatikan perasaan kita, apakah perasaan kita mengatakan bahwa hal ter