Doa Istighosah Beserta Artinya
Doa Istighosah Beserta Artinya

Doa Istighosah Beserta Artinya

Doa Istighosah adalah doa yang biasa dibaca oleh umat muslim setelah melaksanakan shalat. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar meraih ridha-Nya dan diberikan kebahagiaan dunia dan akhirat. Doa ini juga sering dibaca pada saat orang berada di tengah-tengah kesulitan dan masalah yang sulit diselesaikan.

Doa istighosah adalah doa yang biasa dibaca oleh orang-orang muslim setelah melaksanakan shalat. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT untuk berkenan menerima amalan dan doa kita. Doa ini merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT, agar diberikan rahmat dan taufiq untuk menjalankan segala perintah-Nya.

Doa Istighosah juga dikenal sebagai doa tawassul, yaitu doa yang bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT dengan menggunakan nama-Nya. Doa tawassul ini lebih khusus lagi karena melibatkan penyebutan nama Allah SWT dalam doa. Dengan menggunakan doa tawassul, kita berharap dapat mencapai ridha Allah SWT dan memperoleh berkah dari-Nya.

Makna Doa Istighosah

Doa Istighosah berarti memohon kepada Allah SWT untuk menerima amal ibadah dan doa kita. Doa ini juga berarti mengakui ketergantungan kita kepada Allah SWT dan mengakui bahwa segala sesuatu adalah dari-Nya. Doa ini juga melibatkan pengakuan bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Dengan membaca doa istighosah, kita berharap dapat mencapai ridha Allah SWT dan memperoleh berkah dari-Nya.

Teks Doa Istighosah

Doa istighosah berikut ini adalah doa yang biasa dibaca oleh orang-orang muslim setelah melaksanakan shalat:

“Allahumma anta Rabbi, la ilaha illa Anta, khalaqtanee wa badee’a rizqee, faqeerunee fee deeneka, wa ma a’budu illa iyyaaka, ihdina al-sirata al-mustaqeema, siratal-ladzina an’amta alaihim, ghairil-maghdhubi alaihim wala dzdzalleen”

Artinya: “Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau, Engkau yang menciptakanku dan Engkau yang memberikan rezeki kepadaku, aku miskin di dalam agama-Mu, dan aku tidak menyembah selain Engkau. Tunjukilah aku jalan yang lurus (yang Engkau ridhai), jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat”.

Kesimpulan

Doa Istighosah adalah doa yang biasa dibaca oleh orang-orang muslim setelah melaksanakan shalat. Doa ini merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT, agar diberikan rahmat dan taufiq untuk menjalankan segala perintah-Nya. Dengan membaca doa istighosah, kita berharap dapat mencapai ridha Allah SWT dan memperoleh berkah dari-Nya. Semoga kita semua diberikan kekuatan dan kemampuan untuk selalu menjalankan perintah-Nya dengan ikhlas.

Kesimpulan

Doa Istighosah adalah doa yang biasa dibaca oleh umat muslim setelah melaksanakan shalat. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar diterima amalan dan doa kita. Doa ini juga merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT, agar diberikan rahmat dan taufiq untuk menjalankan segala perintah-Nya. Dengan membaca doa istighosah, kita berharap dapat meraih ridha Allah SWT dan memperoleh berkah dari-Nya.