Doa Iktidal Beserta Artinya
Doa Iktidal Beserta Artinya

Doa Iktidal Beserta Artinya

Iktidal adalah sebuah acara yang sangat istimewa. Acara ini dilaksanakan untuk memperingati hari pernikahan seorang pasangan. Hal ini juga merupakan salah satu ritual yang penting bagi keluarga dan sahabat untuk mengucapkan selamat kepada pasangan yang baru menikah. Sebelum memulai ritual ini, pasangan yang baru menikah harus mengucapkan doa iktidal. Doa ini sangat penting karena berisi harapan dan pesan dari Allah SWT. Untuk membantu Anda mengerti makna doa ini, berikut adalah beberapa doa iktidal beserta artinya.

Doa Iktidal pertama

Doa yang pertama yang dibaca adalah “Rabbana hablana min azwajina wa dhuriyyatina qurrata a’yunin waj’alna lilmuttaqina imama”. Kata-kata dalam doa ini berarti: “Ya Tuhan kami, berikanlah kesayangan dari pasangan dan keturunan kami, dan jadikanlah kami sebagai pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.” Doa ini merupakan harapan agar pasangan yang baru menikah diberkahi dengan anak-anak yang sholeh dan sehat serta diberkahi dengan kepemimpinan yang baik.

Doa Iktidal Kedua

Doa kedua yang dibaca adalah “Rabbi adkhilni mudkhalan shakiyyan wa akrijani min ghusayri shakiyyan”. Kata-kata dalam doa ini berarti: “Ya Tuhan kami, masukkanlah kami ke dalam kedamaian dan cegahlah kami dari kesalahan.” Doa ini merupakan harapan agar pasangan yang baru menikah diberkahi dengan kasih sayang yang abadi dan juga diberkahi dengan kekuatan untuk menghindari segala bentuk kejahatan dan dosa.

Doa Iktidal Ketiga

Doa yang ketiga yang dibaca adalah “Rabbana atina fid dunya hasanatan wa fil akhirati hasanatan wa qina adhaban nar”. Kata-kata dalam doa ini berarti: “Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari api neraka.” Doa ini merupakan harapan agar pasangan yang baru menikah diberkahi dengan keberhasilan di dunia dan di akhirat, serta diberkahi dengan kekuatan untuk menghindari api neraka.

Doa Iktidal Keempat

Doa yang keempat yang dibaca adalah “Rabbana wala taj’alna fitnatan lilladhina amanu wa hablana milladunka rahmah inna kaanta ala kulli syayin qadiir”. Kata-kata dalam doa ini berarti: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sebagai fitnah untuk orang-orang yang beriman dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” Doa ini merupakan harapan agar pasangan yang baru menikah diberkahi dengan kasih sayang dan kesetiaan yang abadi, serta diberkahi dengan kekuatan untuk menghindari semua fitnah dan godaan yang datang.

Doa Iktidal Kelima

Doa yang kelima yang dibaca adalah “Rabbana hablana min ladunka rahmah inna kaanta arhamurrahimiin”. Kata-kata dalam doa ini berarti: “Ya Tuhan kami, berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.” Doa ini merupakan harapan agar pasangan yang baru menikah diberkahi dengan cinta yang tulus dan kasih sayang yang abadi.

Doa Iktidal Keenam

Doa yang keenam yang dibaca adalah “Rabbana wala tuhammilna ma lana bihil’maal wa la tahmil ‘alayna isran kama hamaltahu ‘alal ladziina min qablina”. Kata-kata dalam doa ini berarti: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kami dengan beban yang berat seperti Engkau bebankan orang-orang yang sebelum kami.” Doa ini merupakan harapan agar pasangan yang baru menikah diberkahi dengan kemudahan dalam menjalankan kehidupan dan diberkahi dengan kesedaran untuk tidak mengulangi kesalahan orang-orang di masa lalu.

Doa Iktidal Ketujuh

Doa yang ketujuh yang dibaca adalah “Rabbana wala taj’alna ma’al usri yusra wa anta alwaliyyu alhamdu lillahi rabbil ‘aalamiin”. Kata-kata dalam doa ini berarti: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sebagai orang-orang yang tidak beruntung, sedangkan Engkau Maha Pemilik dan Maha Pencipta. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.” Doa ini merupakan harapan agar pasangan yang baru menikah diberkahi dengan kesuksesan dalam hidup dan diberkahi dengan kekuatan untuk menekuni setiap pekerjaan yang dilakukan.

Doa Iktidal Kedelapan

Doa yang kedelapan yang dibaca adalah “Rabbana wa j’alna muslimayni laka wa min thurriyyatina ummatan muslimatan laka wa arina manasikana wa tub alayna innaka anta alttawwaburrahim”. Kata-kata dalam doa ini berarti: “Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua sebagai orang-orang yang beriman kepada-Mu, dan jadikanlah anak-anak kami sebagai kaum yang beriman kepada-Mu, dan ajarkanlah kami tata cara ibadah haji dan lakukanlah ampunan kepada kami, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” Doa ini merupakan harapan agar pasangan yang baru menikah diberkahi dengan iman yang kuat dan diberkahi dengan kekuatan untuk menjalankan ritual ibadah haji dengan baik.

Doa Iktidal Kesembilan

Doa y