Doa Iftitah Tulisan Arab dan Artinya
Doa Iftitah Tulisan Arab dan Artinya

Doa Iftitah Tulisan Arab dan Artinya

Doa Iftitah adalah sebuah doa yang digunakan untuk memulai sesuatu. Doa Iftitah biasanya digunakan untuk memulai sebuah shalat atau bacaan lainnya. Doa Iftitah juga dikenal sebagai doa pembuka, sebab doa ini digunakan untuk membuka sebuah bacaan suci. Doa Iftitah yang paling umum digunakan adalah berupa tulisan Arab, meski ada juga doa Iftitah yang ditulis dalam bahasa lain.

Doa Iftitah dalam tulisan Arab biasanya berisi kalimat-kalimat yang isinya adalah permohonan pembuka untuk menjalankan suatu aktivitas. Doa Iftitah ini punya arti yang berbeda-beda, tergantung pada konteks doa tersebut. Doa Iftitah yang paling umum digunakan adalah doa yang berisi permohonan agar diberikan petunjuk dan kemudahan oleh Allah SWT.

Tulisan Arab Doa Iftitah dan Artinya

Doa Iftitah dalam tulisan Arab biasanya memiliki bentuk dan arti yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa contoh doa Iftitah dalam tulisan Arab dan artinya:

1. Bismillahirrahmanirrahim. Artinya: Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

2. Allohumma antas-salam wa minkas-salam tabarakta ya dzal-jalali wal-ikram. Artinya: Ya Allah, Engkau adalah sebaik-baiknya dan Engkau paling menyampaikan salam. Maha suci Engkau, ya Tuhan Yang memiliki kebesaran dan kemuliaan.

3. Allahumma bismika amutu wa ahya. Artinya: Ya Allah, dengan nama-Mu aku mati dan dengan nama-Mu aku hidup.

4. Allohumma ini asaluka wa atoobu ilayka. Artinya: Ya Allah, aku memohon pertolongan kepada-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu.

5. Allohumma inni a’udzu bika minal-hammi wal-huzni. Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih dan kesedihan.

Doa Iftitah dalam Bacaan Shalat

Doa Iftitah juga lazim digunakan dalam bacaan shalat. Bila salah satu di antara kita akan melakukan shalat, maka ia harus membaca doa Iftitah terlebih dahulu. Doa Iftitah dalam shalat biasanya dibaca dalam bahasa Arab. Berikut ini adalah contoh doa Iftitah dalam bacaan shalat:

Allohumma salli ala Muhammad wa ala ali Muhammad. Artinya: Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keberkahan kepada Nabi Muhammad dan para pengikutnya.

Allohumma ighfirli dhanbi wa kaffir anni ‘amali. Artinya: Ya Allah, ampunilah dosaku dan berilah aku pengampunan atas semua kesalahan yang telah aku lakukan.

Doa Iftitah dalam Bacaan Lain

Doa Iftitah juga bisa digunakan dalam bacaan lain selain shalat. Biasanya doa Iftitah dalam bacaan lain berupa doa memohon keberkahan dan kemudahan dari Allah SWT. Berikut ini adalah contoh doa Iftitah dalam bacaan lain:

Allohumma inni as-aluka al-huda wa al-muhsinin wa al-amalina as-saliha. Artinya: Ya Allah, aku memohon petunjuk, kebaikan, dan amal saleh dari-Mu.

Allohumma inni as-aluka al-fadhila wa al-karima wa al-maghfirata min kulli dhanbin. Artinya: Ya Allah, aku memohon keutamaan, kemuliaan, dan pengampunan dari-Mu atas semua dosaku.

Penutup

Doa Iftitah merupakan sebuah doa yang digunakan untuk memulai sesuatu. Doa Iftitah yang paling umum digunakan adalah berupa tulisan Arab, meski ada juga doa Iftitah yang ditulis dalam bahasa lain. Doa Iftitah dalam tulisan Arab memiliki arti yang berbeda-beda, tergantung pada konteks doa tersebut. Doa Iftitah juga dapat digunakan dalam bacaan shalat maupun bacaan lainnya. Dengan membaca doa Iftitah tersebut, diharapkan akan mendapatkan pertolongan dan petunjuk dari Allah SWT.