Doa Iftitah Lengkap dan Artinya
Doa Iftitah Lengkap dan Artinya

Doa Iftitah Lengkap dan Artinya

Doa Iftitah adalah doa yang biasa dibaca ketika memulai salat fardhu. Doa ini dikenal juga dengan sebutan doa niat salat. Doa ini dimulai dengan menyebut niat salat yang akan dilakukan, kemudian dilanjutkan dengan doa iftitah. Doa ini bertujuan untuk menyatakan niat dan menyebut nama Allah SWT. Kemudian, doa iftitah juga berfungsi untuk membuka salat dan meminta perlindungan kepada Allah SWT.

Doa iftitah dibaca pada saat takbiratul ihram, yaituketika memulai salat. Doa ini dibaca oleh imam ketika memimpin salat jamaah. Selain itu, doa iftitah juga bisa dibaca oleh masing-masing jamaah ketika shalat secara sendiri. Doa ini biasanya dibaca dengan lafadz yang sama, namun ada juga yang menggunakan lafadz berbeda. Berikut ini adalah lafadz doa iftitah lengkap dan artinya.

Lafadz Doa Iftitah

Doa iftitah memiliki lafadz yang berbeda-beda. Di antaranya adalah sebagai berikut:

اَللّهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ، الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya:
“Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala puji. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.”

Ada juga lafadz lainnya, yaitu:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ، إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ، اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ، صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ، غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ

Artinya:
“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, Yang Maha Pengasih dan Penyayang, Raja hari pembalasan (akhirat). Hanya kepada-Mu kami berserah dan hanya kepada-Mu kami meminta pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan jalan orang-orang yang dimurkai dan bukan jalan orang-orang sesat.”

Makna Doa Iftitah

Doa Iftitah memiliki makna yang luas. Di antaranya adalah:

1. Menyatakan kesadaran dan niat untuk melaksanakan salat dengan ikhlas dan khusyuk.

2. Membuka salat dengan membaca doa iftitah sebagai tanda kerendahan hati dan penghormatan.

3. Meminta perlindungan kepada Allah SWT dari segala fitnah dan tipu daya setan.

4. Menyatakan cinta dan kasih sayang kepada Allah SWT.

5. Menyebut nama Allah SWT sebagai tanda penghormatan dan pujian.

Manfaat Doa Iftitah

Doa iftitah memiliki banyak manfaat, antara lain:

1. Membuka salat dengan doa iftitah akan memudahkan kita dalam beribadah.

2. Membaca doa iftitah akan memberikan kita pengalaman spiritual yang dalam.

3. Membaca doa iftitah akan menguatkan iman dan meningkatkan ketaqwaan kita.

4. Membaca doa iftitah akan memberikan kita ketenangan dan kedamaian.

5. Membaca doa iftitah akan meningkatkan kualitas shalat kita.

Kesimpulan

Doa iftitah merupakan doa yang dibaca ketika memulai salat fardhu. Doa ini memiliki lafadz yang berbeda-beda, namun memiliki makna dan manfaat yang sama. Doa iftitah bertujuan untuk membuka salat dan meminta perlindungan kepada Allah SWT. Dengan membaca doa iftitah secara khusyuk dan ikhlas, kita akan mendapatkan pengalaman spiritual yang luar biasa.