Doa Iftitah Latin Beserta Artinya
Doa Iftitah Latin Beserta Artinya

Doa Iftitah Latin Beserta Artinya

Doa iftitah merupakan doa yang dibaca sebelum memulai suatu kegiatan. Umumnya doa ini dibaca untuk memohon kepada Allah agar kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut berjalan dengan lancar dan mendapatkan ridho Allah. Doa ini berasal dari bahasa Arab, namun beberapa orang menggunakan doa iftitah dalam bahasa Latin. Berikut adalah doa iftitah Latin beserta artinya.

Doa Iftitah Latin Beserta Artinya

Doa iftitah Latin yang dapat dibaca adalah sebagai berikut : “Bismillahirrohmaanirrohiim, Alhamdulillahirabbil ‘alamiin. Rabbishrahli sadri wa yassirli amri wahlul ‘uqdatam mil lisaninaa wafsi haninaa, wa ‘allamal mursalaat. Wa yassir li tawlidati qalbi wa dha hirati nafsi, wa nawwir li ma nahyaa bihii min jami’i al ‘umuri, innaka huwal ‘azii zul jaliil.”

Artinya : “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Ya Rabb, lembutkanlah hatiku dan mudahkanlah urusanku, dan lengkapkanlah lisan dan perbendaharaanku dengan (mengucapkan) kata-kata yang baik. Dan ajarkanlah aku untuk mengerti dan memahami wahyu-wahyu (Al Qur’an dan As Sunnah) dan mudahkanlah untuk menyerap (mendalami) ilmu yang kudapatkan. Dan bimbinglah aku untuk mencapai semua yang kuinginkan, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.

Kandungan Doa Iftitah Latin

Doa iftitah Latin ini terdiri dari beberapa kalimat dan memiliki makna yang dalam. Pertama, doa ini dimulai dengan “Bismillahirrohmaanirrohiim, Alhamdulillahirabbil ‘alamiin”. Kata-kata ini merupakan kalimat syahadat yang mengandung arti bahwa kita menyatakan bersaksi bahwa hanya Allah saja yang berhak disembah, tidak ada sekutu bagi-Nya dan Dia adalah Tuhan semesta alam.

Kemudian, doa ini melanjutkan dengan “Rabbishrahli sadri wa yassirli amri wahlul ‘uqdatam mil lisaninaa wafsi haninaa”. Kata-kata ini mengandung arti bahwa kita memohon kepada Allah agar diberikan kemudahan dalam menyelesaikan urusan yang akan kita lakukan, dilengkapi dengan kemampuan untuk mengucapkan kata-kata yang baik dan benar.

Selanjutnya, doa iftitah Latin ini juga berisi permohonan agar kita diberikan ilmu yang bermanfaat, yakni “wa ‘allamal mursalaat”. Kata-kata ini mengandung arti bahwa kita memohon kepada Allah agar diberikan kemampuan untuk memahami dan mengerti akan wahyu-wahyu yang diturunkan oleh Allah.

Terakhir, doa iftitah Latin ini juga berisi permohonan agar kita diberikan kemudahan dalam segala hal yang akan kita lakukan, yakni “Wa yassir li tawlidati qalbi wa dha hirati nafsi, wa nawwir li ma nahyaa bihii min jami’i al ‘umuri, innaka huwal ‘azii zul jaliil”. Kata-kata ini mengandung arti bahwa kita memohon kepada Allah agar diberikan kemudahan untuk mencapai segala yang kita inginkan dan dihindarkan dari hal-hal yang bisa merusak kehidupan kita.

Manfaat Doa Iftitah Latin

Doa iftitah Latin dapat memberikan banyak manfaat bagi orang yang membacanya. Pertama, doa ini dapat membantu orang yang membacanya untuk selalu mengingatkan bahwa hanya Allah saja yang berhak disembah dan Tuhan semesta alam. Ini akan membuat orang yang membacanya lebih menyadari akan kebesaran Allah SWT.

Kedua, doa ini juga dapat membantu orang yang membacanya untuk memohon kepada Allah agar selalu diberi kemudahan dalam menyelesaikan segala urusan yang akan dikerjakannya. Ini akan membuat orang yang membacanya lebih yakin dan percaya bahwa Allah akan selalu mendampinginya.

Ketiga, doa ini juga dapat membantu orang yang membacanya untuk memohon kepada Allah agar diberikan ilmu yang bermanfaat. Dengan ilmu yang bermanfaat, maka orang yang membacanya akan lebih mudah untuk memahami dan mengerti akan wahyu-wahyu yang telah diturunkan oleh Allah.

Terakhir, doa ini juga dapat membantu orang yang membacanya untuk memohon kepada Allah agar diberikan kemudahan dalam segala hal yang akan dikerjakannya. Ini akan membuat orang yang membacanya lebih yakin dan percaya bahwa Allah akan selalu mendampinginya dalam segala hal yang akan dikerjakannya.

Kesimpulan

Doa iftitah Latin merupakan doa yang dapat membantu orang yang membacanya untuk selalu mengingatkan bahwa hanya Allah saja yang berhak disembah dan Tuhan semesta alam. Doa ini juga dapat membantu orang yang membacanya untuk memohon kepada Allah agar diberikan kemudahan dalam menyelesaikan segala urusan yang akan dikerjakannya, diberikan ilmu yang bermanfaat, dan diberikan kemudahan dalam segala hal yang akan dikerjakannya.