Doa Iftitah Beserta Artinya Per Ayat
Doa Iftitah Beserta Artinya Per Ayat

Doa Iftitah Beserta Artinya Per Ayat

Pengertian Doa Iftitah

Doa Iftitah adalah doa yang dibaca untuk membuka suatu ibadah. Biasanya, doa iftitah ini dibaca oleh imam ketika akan memulai sebuah ibadah. Doa iftitah dalam bahasa arab dan artinya terdiri dari beberapa ayat. Setiap ayat dari doa iftitah punya makna dan tujuan tersendiri.

Bacaan Doa Iftitah

Doa iftitah dalam bahasa arab terbagi dalam beberapa ayat. Berikut adalah bacaan doa iftitah beserta artinya per ayat. Ayat pertama dari doa iftitah adalah: “Bismillahirrahmanirrahim”. Artinya adalah “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang”. Ayat kedua dari doa iftitah adalah: “Alhamdulillahilladzi at’amana was’ata wa saqana waj’alana Muslimin”. Artinya adalah “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kesenangan dan kesabaran dan menjadikan kita sebagai orang-orang yang berserah diri”.

Makna Doa Iftitah

Doa iftitah memiliki makna yang mendalam. Ayat pertama dari doa iftitah, yaitu “Bismillahirrahmanirrahim” mengandung makna untuk memohon rahmat dan kasih sayang dari Allah SWT. Ayat kedua dari doa iftitah, yaitu “Alhamdulillahilladzi at’amana was’ata wa saqana waj’alana Muslimin” menggambarkan rasa syukur kita atas karunia-karunia yang Allah berikan kepada kita.

Faedah Dari Membaca Doa Iftitah

Membaca doa iftitah punya banyak faedah bagi orang yang melakukannya. Pertama, membaca doa iftitah akan menghilangkan rasa gundah dan gelisah sebelum melakukan suatu ibadah. Kedua, membaca doa iftitah akan memberikan ketenangan dan rasa bahagia. Ketiga, membaca doa iftitah akan meningkatkan kualitas ibadah karena kita sudah siap dan bersemangat untuk melakukannya.

Bacaan Doa Iftitah Lengkap

Berikut adalah bacaan doa iftitah lengkap beserta artinya:

  • Bismillahirrahmanirrahim. Artinya adalah “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang”.
  • Alhamdulillahilladzi at’amana was’ata wa saqana waj’alana Muslimin. Artinya adalah “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kesenangan dan kesabaran dan menjadikan kita sebagai orang-orang yang berserah diri”.
  • Allahu Akbar. Artinya adalah “Allah Maha Besar”.
  • Subhanallah. Artinya adalah “Maha Suci Allah”.
  • La ilaha illallah. Artinya adalah “Tidak ada Tuhan selain Allah”.
  • Alhamdulillah. Artinya adalah “Segala puji bagi Allah”.

Mengapa Harus Membaca Doa Iftitah?

Membaca doa iftitah adalah hal yang penting ketika akan memulai suatu ibadah. Hal ini karena membaca doa iftitah merupakan tanda bahwa kita sudah siap untuk melakukan ibadah. Selain itu, membaca doa iftitah juga merupakan bentuk kerendahan hati dan ketaatan kita kepada Allah SWT. Dengan membaca doa iftitah, kita menyatakan bahwa kita adalah hamba-Nya yang tunduk dan taat.

Kesimpulan

Doa iftitah adalah doa yang dibaca oleh imam ketika akan memulai sebuah ibadah. Doa iftitah dalam bahasa arab dan artinya terdiri dari beberapa ayat yang punya makna dan tujuan tersendiri. Membaca doa iftitah punya banyak faedah bagi orang yang melakukannya, seperti menghilangkan rasa gundah dan gelisah, memberikan ketenangan dan rasa bahagia, serta meningkatkan kualitas ibadah. Oleh karena itu, membaca doa iftitah adalah hal yang penting dan tidak boleh diabaikan.