Doa Iftitah Bahasa Arab dan Artinya
Doa Iftitah Bahasa Arab dan Artinya

Doa Iftitah Bahasa Arab dan Artinya

Doa Iftitah atau disebut juga dengan doa memulai adalah sebuah doa yang biasanya diucapkan ketika seseorang hendak memulai sesuatu. Salah satu contohnya adalah ketika memulai sholat. Doa ini dibaca dengan bahasa Arab karena dianggap sebagai bahasa alamnya para malaikat. Berikut adalah doa iftitah bahasa Arab dan artinya.

Doa Iftitah Bahasa Arab

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

Arti Doa Iftitah

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Pemilik hari pembalasan. Hanya kepada-Mu kami sembah dan hanya kepada-Mu kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus, jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan jalan orang-orang yang dimurkai dan bukan (pula jalan) orang-orang sesat.

Manfaat Doa Iftitah

Doa iftitah merupakan sebuah doa yang sangat penting untuk diucapkan ketika seseorang akan memulai sesuatu. Doa ini memiliki manfaat yang sangat besar. Doa ini akan membuka pintu rezeki bagi orang yang mengucapkannya. Dengan mengucapkan doa ini, maka orang yang melakukannya akan diasingkan dari orang-orang yang tidak melakukannya. Selain itu, doa ini juga akan membawa berkah bagi orang yang mengucapkannya.

Cara Membaca Doa Iftitah

Cara membaca doa Iftitah sangat mudah. Pertama, orang yang hendak membaca doa ini harus membaca ayat-ayat dalam doa tersebut dengan jelas. Setelah itu, ia harus mengucapkan nama Allah dan membaca doa dengan hati-hati. Jika doa ini dibaca dengan jelas dan dengan khusyuk, maka manfaatnya lebih besar lagi. Setelah itu, orang yang membaca harus berdoa agar Allah Memberikan rahmat dan berkah-Nya.

Keutamaan Doa Iftitah

Doa iftitah memiliki keutamaan yang sangat besar, terutama ketika seseorang hendak memulai sesuatu. Dengan mengucapkan doa ini, maka orang yang melakukannya akan mendapatkan berkah dan rahmat dari Allah. Selain itu, doa ini juga akan menjadi penolong bagi orang yang mengucapkannya. Dengan demikian, orang yang membaca doa iftitah akan mendapatkan banyak kebaikan dan keberkahan.

Kesimpulan

Doa Iftitah adalah sebuah doa yang biasanya diucapkan ketika seseorang hendak memulai sesuatu. Doa ini dibaca dengan bahasa Arab karena dianggap sebagai bahasa alamnya para malaikat. Doa iftitah memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi orang yang mengucapkannya. Dengan mengucapkan doa ini, maka orang yang melakukannya akan mendapatkan rahmat dan berkah dari Allah. Oleh karena itu, marilah kita selalu mengucapkan doa iftitah setiap kali hendak melakukan suatu hal.