Doa Iftitah Arab Latin dan Artinya
Doa Iftitah Arab Latin dan Artinya

Doa Iftitah Arab Latin dan Artinya

Doa iftitah adalah doa yang dibaca oleh seseorang untuk membuka suatu kegiatan. Doa iftitah merupakan bentuk hormat dan penghormatan terhadap Tuhan. Doa iftitah ini biasanya dibaca ketika seseorang akan memulai sesuatu, baik acara ibadah ataupun sekedar menghadiri suatu acara. Doa iftitah ini juga dibaca ketika seseorang akan memulai sesuatu, entah itu bacaan Al-Quran, membuka majelis ta’lim, dan lain sebagainya.

Doa iftitah dalam bahasa Arab Latin biasa disebut dengan doa Basmalah. Doa Basmalah merupakan kalimat yang dibaca untuk meminta kepada Allah SWT agar segala sesuatu berjalan lancar, harmonis, dan sesuai dengan kehendak-Nya. Doa Basmalah berasal dari Al-Quran surah An-Nas ayat 4 yang berbunyi: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”. Doa ini juga diucapkan sebagai bentuk tanda penghormatan kepada Allah SWT.

Doa Basmalah bisa dibaca dalam bahasa Arab atau Latin. Doa Basmalah dalam bahasa Arab adalah Bismillahirrahmanirrahim. Sedangkan doa Basmalah dalam bahasa Latin adalah In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful. Kedua doa tersebut memiliki arti yang sama, yaitu dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Selain doa Basmalah, ada juga doa iftitah lain yang biasa dibaca ketika memulai suatu acara. Doa iftitah ini biasanya terdiri dari beberapa ayat Al-Quran dan hadits yang berkaitan. Doa iftitah yang paling populer adalah doa yang dibaca ketika membuka majelis ta’lim, yaitu: “Allahummaftah lana abwaba rahmatika”. Doa ini berarti “Ya Allah, bukalah bagi kami pintu-pintu rahmat-Mu”.

Doa iftitah lainnya yang sering dibaca adalah doa yang dibaca ketika akan membaca Al-Quran. Doa ini berbunyi: “Bismillahirrahmanirrahim, alhamdulillahi rabbil ‘alamin”. Doa ini berarti “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam”. Doa ini biasa dibaca ketika akan membaca Al-Quran sebagai tanda hormat dan penghormatan terhadap Tuhan.

Doa iftitah juga bisa dibaca ketika sedang menjalankan ibadah haji. Doa yang dibaca ketika menjalankan ibadah haji adalah: “Allahu akbar, wa lillahilhamd”. Doa ini berarti “Allah Maha Besar, dan segala puji hanya milik Allah”. Doa ini biasanya dibaca oleh jamaah haji ketika berada di tempat-tempat suci di Makkah ataupun di Madinah. Dengan membaca doa ini, seseorang akan merasa tenang dan damai.

Doa iftitah merupakan salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan oleh agama agar kita bisa mendapatkan berkah dari Allah SWT. Dengan membaca doa iftitah, kita akan merasa tenang dan damai, sehingga kita bisa lebih fokus dan tenang dalam melakukan ibadah. Jadi, jangan lupa untuk selalu membaca doa iftitah setiap kali akan melakukan sesuatu.

Kesimpulan

Doa iftitah adalah doa yang dibaca untuk membuka suatu kegiatan. Doa iftitah ini biasanya dibaca dalam bahasa Arab atau Latin, dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Doa iftitah juga berisi ayat-ayat Al-Quran dan hadits yang berkaitan. Dengan membaca doa iftitah ini, seseorang akan merasa tenang dan damai, sehingga dapat fokus dalam melakukan ibadah. Jadi, jangan lupa untuk selalu membaca doa iftitah setiap kali akan melakukan sesuatu.