Doa Iftitah Arab dan Artinya
Doa Iftitah Arab dan Artinya

Doa Iftitah Arab dan Artinya

Doa iftitah adalah doa yang biasa dibaca oleh orang-orang muslim saat akan memulai sesuatu. Iftitah berasal dari kata “iftitah” yang berarti “membuka” atau “mulai”. Doa ini biasanya dibaca sebelum seseorang memulai ibadah, seperti shalat, puasa, dan lain sebagainya.

Doa iftitah berasal dari hadits Nabi Muhammad saw. Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca doa iftitah, kemudian ia menangis karena takut kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya, maka Allah akan memaafkannya”.

Doa iftitah yang dibaca oleh orang muslim berasal dari Al-Quran. Doa ini diawali dengan membaca ayat al-Quran surat Al-Fatihah. Berikut adalah doa iftitah dalam bahasa Arab dan artinya:

Doa Iftitah Arab

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ

Artinya

Dengan nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan yang menguasai semesta alam. Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, Raja hari Pembalasan. Hanya kepada-Mu kami berserah dan hanya kepada-Mu kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus, jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan jalan orang yang Engkau murkai dan bukan jalan yang sesat.

Doa iftitah ini biasanya dibaca oleh orang muslim sebelum memulai ibadah. Doa ini juga dibaca sebelum memulai sesuatu hal yang lain, seperti memulai shalat, berpuasa, membaca Al-Quran, dan lain sebagainya. Doa iftitah ini juga biasa dibaca saat memulai sesuatu hal yang baru atau untuk mengawali sesuatu yang baik.

Selain itu, doa iftitah juga bisa digunakan sebagai penghormatan dan pengharapan kepada Allah. Orang yang mengucapkan doa iftitah berharap agar Allah memberikan petunjuk dan hidayah dalam melakukan segala urusan. Dengan mengucapkan doa iftitah, orang muslim menunjukkan rasa hormat dan taqwa kepada Allah.

Mengucapkan doa iftitah adalah salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Oleh karena itu, orang muslim disarankan untuk mengucapkan doa iftitah sebelum memulai sesuatu hal. Dengan demikian, orang muslim akan merasa lebih bersyukur, lebih dekat dengan Allah, dan lebih bertaqwa.

Kesimpulan

Doa iftitah adalah doa yang biasa dibaca oleh orang muslim saat akan memulai sesuatu. Doa ini berasal dari Al-Quran dan hadits Nabi Muhammad saw. Doa ini diawali dengan membaca ayat al-Quran surat Al-Fatihah. Ucapan doa iftitah ini diharapkan dapat membantu orang muslim untuk merasa lebih bersyukur, lebih dekat dengan Allah, dan lebih bertaqwa.