Doa Iftitah Allahumma Ba’id Baini dan Artinya
Doa Iftitah Allahumma Ba’id Baini dan Artinya

Doa Iftitah Allahumma Ba’id Baini dan Artinya

Doa iftitah merupakan doa yang dibaca saat memulai sesuatu agar pengerjaan dapat berjalan dengan lancar. Doa ini juga disebut sebagai doa bismillah. Doa iftitah yang terkenal adalah doa Allahumma ba’id baini yang dibaca ketika memulai shalat. Namun, doa ini juga bisa dibaca saat memulai pekerjaan lainnya.

Doa Allahumma ba’id baini berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti “Ya Allah, jauhkanlah antara kami dan kesalahan”. Doa ini diambil dari surat Al-Baqarah ayat 235. Di dalam doa ini, kita memohon kepada Allah agar Dia menjauhkan kita dari kejahatan dan kesalahan. Selain itu, doa Allahumma ba’id baini juga berfungsi untuk menyatukan hati dan menyembuhkan rasa benci.

Makna Doa Iftitah Allahumma Ba’id Baini

Doa Allahumma ba’id baini merupakan doa yang sering dibaca oleh umat Muslim ketika memulai shalat. Doa ini memiliki makna yang luas yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membaca doa Allahumma ba’id baini, kita diingatkan untuk terus berupaya melawan kejahatan dan kesalahan. Kita juga diingatkan untuk membawa hati yang lapang dan bersikap baik terhadap sesama. Selain itu, dalam doa ini juga disebutkan bahwa Allah akan selalu mendampingi kita saat menempuh jalan yang benar.

Bacaan Doa Iftitah Allahumma Ba’id Baini

Doa Allahumma ba’id baini dibaca dengan mengucapkan “Allahumma ba’id baini wa baina khatayaya kama ba’adta baina al-mashriqayni wa al-maghribayni. Allahumma naqini min sharri ma khalaqa”. Doa ini berarti “Ya Allah, jauhkanlah antara kami dan kesalahan seperti Engkau telah jauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, lindungilah kami dari kejahatan yang Engkau ciptakan”.

Kapan Membaca Doa Iftitah Allahumma Ba’id Baini?

Doa Allahumma ba’id baini biasanya dibaca saat memulai shalat, namun doa ini juga bisa dibaca saat memulai pekerjaan lainnya. Doa ini juga bisa dibaca saat memulai perjalanan, saat memulai hari, saat akan memulai sesuatu yang baru atau saat akan melakukan suatu hal yang penting. Dengan membaca doa ini, kita berharap agar semua yang kita lakukan bisa berjalan dengan lancar dan menghasilkan hasil yang baik.

Tata Cara Membaca Doa Iftitah Allahumma Ba’id Baini

Tata cara membaca doa Allahumma ba’id baini cukup mudah. Pertama, siapkan diri dengan berwudhu dan bersiap-siap untuk memulai shalat atau pekerjaan lainnya. Kemudian, bacalah doa Allahumma ba’id baini dengan jelas. Setelah itu, lanjutkan dengan membaca doa-doa yang lain. Ingatlah bahwa doa Allahumma ba’id baini selalu dibaca sebelum membaca doa-doa lainnya.

Keutamaan Membaca Doa Iftitah Allahumma Ba’id Baini

Membaca doa Allahumma ba’id baini memiliki banyak keutamaan bagi kita. Salah satu keutamaannya adalah doa ini akan menjadi penolong bagi kita saat kita berusaha menjauh dari kejahatan. Doa ini juga akan menjauhkan kita dari fitnah dan dosa. Selain itu, doa ini juga membantu kita untuk tetap bersikap sabar dan tawakal saat mengalami kesulitan.

Kesimpulan

Doa iftitah Allahumma ba’id baini adalah doa yang dibaca saat memulai shalat atau pekerjaan lainnya. Doa ini berarti “Ya Allah, jauhkanlah antara kami dan kesalahan seperti Engkau telah jauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, lindungilah kami dari kejahatan yang Engkau ciptakan”. Membaca doa ini memiliki banyak keutamaan, seperti menjauhkan kita dari fitnah dan dosa, menolong kita saat berusaha menjauh dari kejahatan, dan membantu kita untuk tetap bersikap sabar dan tawakal saat mengalami kesulitan.