Doa Ibu Hamil dan Artinya
Doa Ibu Hamil dan Artinya

Doa Ibu Hamil dan Artinya

Doa merupakan ungkapan syukur dan permintaan bantuan kepada Allah SWT. Oleh karena itu, setiap individu dituntut untuk berdoa dan selalu berdoa. Terutama bagi ibu-ibu hamil, berdoa merupakan amalan yang sunnah dan sangat dianjurkan untuk selalu berdoa selama masa kehamilan. Doa ini juga dapat membantu ibu hamil agar tetap kuat dan tabah menghadapi masa-masa kehamilan yang penuh tantangan.

Doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW kepada para ibu hamil pun sangat banyak. Selain untuk mengharapkan keberkahan dan perlindungan Allah SWT, mengamalkan doa-doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW pun akan meningkatkan iman dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Berikut ini adalah beberapa doa yang dapat dilakukan oleh ibu hamil dan artinya.

Doa Ketika Hamil

Doa yang pertama adalah doa ketika ibu hamil. Doa ini berasal dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, yaitu “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang Maha Berkuasa, dari anak yang tidak diberkahi”. Artinya, ibu hamil berlindung kepada Allah SWT agar anaknya mendapat keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT. Doa ini dapat diucapkan setiap hari selama masa kehamilan.

Doa Menginjakkan Kaki di Masjid

Doa kedua yang dapat dilakukan oleh ibu hamil adalah doa ketika menginjakkan kaki di masjid. Doa ini berasal dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, yaitu “Allahumma inni as’aluka al-huda wa al-‘afiyah, fa innaka taqdhi wa laa yuqdha ‘alaik”. Artinya, ibu hamil berdoa kepada Allah SWT untuk kehidayahan dan kesehatan, karena Allah SWTlah yang dapat memberikan kebaikan dan tidak akan mencabutnya.

Doa Setiap Pagi dan Malam

Doa ketiga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil adalah doa setiap pagi dan malam. Doa ini berasal dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, yaitu “Allahumma bismika amutu wa ahya”. Artinya, ibu hamil berdoa kepada Allah SWT agar dimuliakan dan dihidupkan dalam keadaan sehat.

Doa Memohon Kecerdasan dan Kebahagiaan Anak

Doa keempat yang dapat dilakukan oleh ibu hamil adalah doa memohon kecerdasan dan kebahagiaan anak. Doa ini berasal dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, yaitu “Allahumma ini as’aluka ‘ilman wa hikman wa ‘izzan wa ihsan wa rida’an wa ‘izzatan wa sakinan wa thabat”. Artinya, ibu hamil berdoa kepada Allah SWT agar anaknya diberikan kecerdasan, kebijaksanaan, kemuliaan, kebaikan, ridha, kekuatan, ketenangan, dan ketabahan.

Doa Memohon Perlindungan dan Kebaikan Anak

Doa kelima yang dapat dilakukan oleh ibu hamil adalah doa memohon perlindungan dan kebaikan anak. Doa ini berasal dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, yaitu “Allahumma ini as’aluka al-huda wa al-‘afiyah wa rida’an wa maghfiratan min kulli dhanb”. Artinya, ibu hamil berdoa kepada Allah SWT agar anaknya diberikan keberkahan, kesehatan, ridha, dan ampunan dari segala dosa.

Doa Setiap Hari Jum’at

Doa keenam yang dapat dilakukan oleh ibu hamil adalah doa setiap hari Jum’at. Doa ini berasal dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, yaitu “Allahumma ini as’aluka al-jannah wa a’oodhu bika min al-nar”. Artinya, ibu hamil berdoa kepada Allah SWT agar dimasukkan ke dalam surga dan berlindung kepada Allah SWT dari api neraka.

Kesimpulan

Doa merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk selalu berdoa dan berusaha untuk mengamalkan doa-doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Dengan berdoa, ibu hamil dapat mengharapkan keberkahan dan perlindungan kepada Allah SWT untuk anaknya. Selain itu, berdoa juga dapat meningkatkan iman dan ketakwaan ibu hamil kepada Allah SWT. Semoga ibu hamil diberikan kesabaran dan kekuatan dalam menghadapi masa-masa kehamilan.