Doa Hari Jumat Arab dan Artinya
Doa Hari Jumat Arab dan Artinya

Doa Hari Jumat Arab dan Artinya

Hari Jumat adalah salah satu hari yang paling istimewa bagi sebagian besar umat Muslim. Di hari Jumat, umat Muslim berhimpun di masjid untuk melakukan shalat Jumat bersama-sama. Di samping itu, di hari Jumat,umat Muslim juga lebih sering melakukan doa-doa khusus yang dibaca dalam bahasa Arab. Doa-doa ini disebut sebagai doa hari Jumat Arab. Berikut adalah beberapa doa hari Jumat yang paling populer dan artinya.

Doa Pertama

Doa pertama yang dibaca pada hari Jumat adalah, “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, laa ilaaha illa Allah, Wallahu Akbar, Allahu Akbar, wa lillahi alhamd”. Doa ini berarti “Allah adalah Yang Maha Besar, tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan segala puji hanya bagi Allah”. Doa ini adalah doa yang paling sering dibaca di hari Jumat. Doa ini mengingatkan umat Muslim tentang keagungan dan kemahaan Allah.

Doa Kedua

Doa kedua yang biasa dibaca pada hari Jumat adalah, “Subhanallahi wa bihamdihi, Subhanallahil Adzim”. Doa ini berarti “Maha Suci Allah dan segala pujian hanya bagi Allah, Allah Maha Suci dan Maha Besar”. Doa ini merupakan upaya untuk memuji dan menghormati Allah. Umat Muslim harus mengingatkan dirinya sendiri tentang kemahaan dan kekuasaan Allah.

Doa Ketiga

Doa ketiga yang dibaca pada hari Jumat adalah, “La hawla wala quwwata illa billah”. Doa ini berarti “Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah”. Doa ini mengingatkan umat Muslim bahwa tidak ada yang bisa dilakukan tanpa izin Allah. Umat Muslim harus bersandar pada Allah untuk melaksanakan segala sesuatu.

Doa Keempat

Doa keempat yang sering dibaca pada hari Jumat adalah, “Rabbana taqabbal minna innaka antas Samee’ul ‘Alim”. Doa ini berarti “Ya Tuhan kami, terimalah doa kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. Doa ini adalah doa memohon ampun dan kasih sayang Allah. Umat Muslim harus selalu memohon ampun dan kasih sayang Allah di hari Jumat.

Doa Kelima

Doa kelima yang dibaca pada hari Jumat adalah, “Allahumma salli alaa Muhammadin wa aalihi wa sallim”. Doa ini berarti “Ya Allah, limpahkanlah rahmat-Mu kepada Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya”. Doa ini adalah doa memohon rahmat Allah dan pengampunan bagi Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya. Umat Muslim harus selalu memohon Allah agar memberikan rahmat dan pengampunan bagi Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Doa Keenam

Doa keenam yang dibaca pada hari Jumat adalah, “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni”. Doa ini berarti “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Menyukai pengampunan, maka ampunilah aku”. Doa ini adalah doa memohon pengampunan Allah. Umat Muslim harus selalu memohon ampunan Allah di hari Jumat agar Allah menerima doa mereka.

Doa Ketujuh

Doa ketujuh yang dibaca pada hari Jumat adalah, “Allahumma inni a’udzu bika minal kufri wal fasad”. Doa ini berarti “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan kejahatan”. Doa ini adalah doa berlindung kepada Allah dari dosa dan kejahatan. Umat Muslim harus selalu berlindung kepada Allah dari dosa dan kejahatan.

Doa Kedelapan

Doa kedelapan yang dibaca pada hari Jumat adalah, “Allahumma inni a’udzu bika minal bokhor wal ma’siyat”. Doa ini berarti “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kemiskinan dan kejahatan”. Doa ini adalah doa berlindung kepada Allah dari kemiskinan dan kejahatan. Umat Muslim harus selalu berlindung kepada Allah dari kemiskinan dan kejahatan.

Doa Kesembilan

Doa kesembilan yang dibaca pada hari Jumat adalah, “Allahumma inni a’udzu bika minal qunooti wal qaza”. Doa ini berarti “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelalaian dan kesalahan”. Doa ini adalah doa berlindung kepada Allah dari kelalaian dan kesalahan. Umat Muslim harus selalu berlindung kepada Allah dari kelalaian dan kesalahan.

Doa Kesepuluh

Doa kesepuluh yang dibaca pada hari Jumat adalah, “Allahumma inni a’udzu bika minan naar”. Doa ini berarti “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari neraka”. Doa ini adalah doa berlindung kepada Allah dari api neraka. Umat Muslim harus selalu berlindung kepada Allah dari api neraka.

Kesimpulan

Doa-doa hari Jumat Arab yang disebutkan di atas adalah beberapa doa yang paling populer di kalangan umat Muslim. Doa-doa ini mengingatkan umat Muslim tentang keagungan dan kemahaan Allah, dan memohon rahmat dan pengampunan-Nya. Umat Muslim harus berusaha untuk selalu membaca doa-doa ini setiap hari Jumat dan mengingatkan diri mereka tentang kemahaan Allah.