Doa Habis Wudhu dan Artinya
Doa Habis Wudhu dan Artinya

Doa Habis Wudhu dan Artinya

Wudhu adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap muslim. Setiap kali selesai melakukan wudhu, sebaiknya disertai dengan doa agar ibadah tersebut mendapatkan pahala dari Allah SWT. Doa habis wudhu yang biasa disebut dengan doa tahiyat wudhu sendiri memiliki arti yang sangat dalam bagi setiap orang muslim. Oleh karena itu, berikut adalah doa habis wudhu yang disertai dengan artinya.

Doa Habis Wudhu Arab dan Artinya

Doa habis wudhu yang pertama adalah doa tahiyat wudhu dalam bahasa arab. Doa ini merupakan doa habis wudhu yang biasa dibaca oleh setiap muslim. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ وَعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, dan cepatkanlah kesejahteraan mereka.”

Doa Habis Wudhu dalam Bahasa Indonesia dan Artinya

Doa tahiyat wudhu dalam bahasa Indonesia biasanya dibaca oleh sebagian orang muslim. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.”

Doa Habis Wudhu dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Selain dalam bahasa arab dan Indonesia, doa habis wudhu juga bisa dibaca dalam bahasa Inggris. Doa tahiyat wudhu dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

O Allah! Send peace and blessings upon Muhammad and his family.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad beserta keluarganya.”

Doa Habis Wudhu yang Lengkap

Berikut adalah doa yang lengkap untuk habis wudhu yang bisa Anda baca:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ وَعَجِّلْ فَرَجَهُمْ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنِّي الْأَذَى وَعَافَانِي

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, dan cepatkanlah kesejahteraan mereka. Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kemalasan dan ketidaksehatan dariku.”

Doa Habis Wudhu untuk Anak dan Artinya

Untuk anak-anak, doa habis wudhu yang disarankan adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ كَرْبِ وَالْفَرَجَ مِنْ كُلِّ ضِيْقٍ وَالْأَمْنَ مِنْ كُلِّ فَتْنَةٍ وَالْعَزِيْزَ الْحَقَّ الْوَاقِعَ فِيْ الْأَرْضِ وَالسَّمَاءِ

Artinya: “Ya Allah, aku mohon kesehatan dari segala penyakit, karunia dari segala kesulitan, rahmat dari segala kekurangan, perlindungan dari segala fitnah dan kekuasaan yang hak, yang nyata di bumi dan langit.”

Kesimpulan

Dengan mengetahui doa habis wudhu dan artinya, diharapkan Anda dapat lebih menghargai dan menyadari pentingnya setiap ibadah yang dilakukan. Semoga dengan membaca doa habis wudhu, ibadah Anda akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.