Doa Habis Sholat dan Artinya
Doa Habis Sholat dan Artinya

Doa Habis Sholat dan Artinya

Doa Habis Sholat (DHS) adalah salah satu bentuk ibadah yang sering dilakukan oleh umat muslim. Doa ini menjadi salah satu bentuk pengakuan dan penghormatan umat muslim pada Tuhan yang Maha Esa. DHS juga dianggap sebagai ungkapan rasa syukur atas kesempatan yang diberikan untuk menunaikan sholat. Selain itu, DHS juga bertujuan untuk menambah keimanan dan ketaqwaan seseorang. Di bawah ini adalah beberapa contoh doa habis sholat dan artinya.

Doa Setelah Sholat Fardhu

Doa pertama adalah doa setelah sholat fardhu. Doa ini dibaca setelah selesainya sholat fardhu yang wajib dilakukan lima waktu sehari. Doa ini berbunyi: “الحَمْدُ لِلهِ الَّذِي نَحْمَدُهُ وَ نَسْتَعِينُهُ وَ نَسْتَغْفِرُهُ وَ نَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَ مِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَ مَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ”. Artinya: “Segala puji bagi Allah yang kita memuji, yang kita minta pertolongan dan ampunan dari-Nya, dan kita berlindung kepada Allah dari kejelekan diri kita dan dari perbuatan-perbuatan buruk kita. Barangsiapa yang Allah arahkan, maka tidak ada yang dapat menyesatkan; dan barangsiapa yang disesatkan, maka tiada seorang pun yang dapat memberi petunjuk kepadanya”.

Doa Setelah Sholat Sunnah Rawatib

Selanjutnya adalah doa setelah sholat sunnah rawatib. Doa ini dibaca setelah melaksanakan sholat sunnah rawatib yang dilakukan sebelum dan sesudah sholat fardhu. Doa ini berbunyi: “اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَالشَّفَاعَةَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَمَافِيهَا وَالنَّارَ وَمَافِيهَا”. Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keberkahan di dunia dan akhirat, dan aku memohon kepada-Mu syafaat pada hari kiamat. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu surga dan segala isinya, dan aku memohon kepada-Mu neraka dan segala isinya”.

Doa Setelah Sholat Witir

Doa setelah sholat witir adalah doa yang dibaca setelah melaksanakan sholat witir yang wajib dilakukan setelah sholat Isya. Doa ini berbunyi: “اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَاهْدِنِي وَاجْبُرْنِي وَعَافِنِي وَارْزُقْنِي”. Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku, kasihilah aku, berilah petunjuk kepadaku, kuatkanlah aku, berilah kesehatan kepadaku, dan berilah rezeki kepadaku”.

Doa Setelah Sholat Tahajud

Selanjutnya adalah doa setelah sholat tahajud. Doa ini dibaca setelah melaksanakan sholat sunnah tahajud yang dilakukan pada malam hari. Doa ini berbunyi: “اللهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا ، وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ”. Artinya: “Ya Allah, dengan rahmat dan kehendak-Mu kami memasuki waktu pagi, dengan rahmat dan kehendak-Mu kami memasuki waktu petang, dengan rahmat dan kehendak-Mu kami hidup, dengan rahmat dan kehendak-Mu kami mati, dan kepada-Mu-lah kami kembali”.

Doa Setelah Sholat Maghrib

Doa setelah sholat maghrib adalah doa yang dibaca setelah melaksanakan sholat maghrib yang dilakukan setelah matahari terbenam. Doa ini berbunyi: “اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سُؤالِنَا هَذَا الْيَوْمَ رَحْمَةً وَعَذَابًا نَحْنُ نَسْتَعِينُكَ”. Artinya: “Ya Allah, kami memohon kepada-Mu dengan permohonan kami hari ini, rahmat dan siksaan. Kami meminta pertolongan kepada-Mu”.

Doa Setelah Sholat Jumat

Doa setelah sholat jumat adalah doa yang dibaca setelah melaksanakan sholat jumat yang wajib dilakukan setiap hari jumat. Doa ini berbunyi: “اللهُمَّ اهْدِنِي فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِي فِيْمَنْ عَافَيْت