Doa Dzikir Setelah Sholat dan Artinya
Doa Dzikir Setelah Sholat dan Artinya

Doa Dzikir Setelah Sholat dan Artinya

Apa Itu Doa Dzikir Setelah Sholat?

Doa dzikir setelah sholat adalah doa yang dibaca setelah melakukan sholat 5 waktu. Doa dzikir setelah sholat adalah doa yang wajib dibaca dan merupakan salah satu bentuk ibadah yang harus dilakukan oleh umat muslim. Doa dzikir setelah sholat adalah doa yang dibaca untuk memohon kepada Allah agar diberi kemuliaan, pengampunan, dan kebaikan. Doa dzikir setelah sholat juga merupakan bentuk ibadah yang dapat meningkatkan taqwa, ketaqwaan dan keimanan seseorang kepada Allah.

Doa Apa Yang Dibaca Setelah Sholat?

Setelah melakukan sholat 5 waktu, umat muslim wajib membaca doa dzikir yang disebut dengan At-Tahiyat. Doa At-Tahiyat adalah doa yang dibaca setelah melakukan sholat lengkap. Doa At-Tahiyat dibaca untuk mengungkapkan rasa syukur dan tunduk kepada Allah. Doa At-Tahiyat juga dibaca untuk memuji dan menyembah Allah, serta untuk memohon karunia dan rahmat-Nya. Selain At-Tahiyat, umat muslim juga wajib membaca doa-doa lainnya setelah sholat, yaitu doa Dhuha, doa Istighfar, doa Tahlil, dan doa Tasbih.

Arti Doa At-Tahiyat

Doa At-Tahiyat merupakan doa yang dibaca setelah melakukan sholat lengkap. Berikut ini adalah arti doa At-Tahiyat:”Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.Allahumma antas salam, wa minkas salam, tabarakta ya dzal jalali wal ikram.Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin.Arrahmani Rahim.Maliki Yawmid Din.Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’in.Ihdinas siraatal mustaqim.Siratalladzina an’amta ‘alaihim ghairil maghdhuubi ‘alaihim waladaaleen.”

Artinya:

“Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.Yang Maha Penguasa pada hari Pembalasan.Hanya kepada-Mu kami berserah dan hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan.Tunjukkanlah kami jalan yang lurus,(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”

Doa Dzikir Lainnya Setelah Sholat

Selain doa At-Tahiyat yang wajib dibaca setelah sholat, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca doa-doa lainnya setelah sholat. Beberapa di antaranya adalah doa Dhuha, doa Istighfar, doa Tahlil, dan doa Tasbih. Berikut adalah arti singkat doa-doa tersebut:Doa Dhuha adalah doa yang dibaca untuk memohon kasih sayang dan rahmat Allah.Doa Istighfar adalah doa yang dibaca untuk memohon ampunan dosa dan kesalahan.Doa Tahlil adalah doa yang dibaca untuk memuji dan menyembah Allah.Doa Tasbih adalah doa yang dibaca untuk memohon kepada Allah agar diberi hikmah dan petunjuk.

Manfaat Doa Dzikir Setelah Sholat

Membaca doa dzikir setelah sholat memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah untuk meningkatkan taqwa, ketaqwaan dan keimanan seseorang kepada Allah. Selain itu, membaca doa dzikir juga dapat membantu seseorang untuk berbuat kebaikan dan menjauhi dosa-dosa. Doa juga dapat membantu seseorang untuk berbuat baik terhadap orang lain dan menjaga hubungan dengan mereka. Dengan demikian, membaca doa dzikir setelah sholat merupakan ibadah yang sangat bermanfaat bagi umat muslim.

Kesimpulan

Doa dzikir setelah sholat adalah doa yang wajib dibaca setelah melakukan sholat 5 waktu. Doa yang wajib dibaca adalah doa At-Tahiyat. Selain itu, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca doa-doa dzikir lainnya setelah sholat, yaitu doa Dhuha, doa Istighfar, doa Tahlil, dan doa Tasbih. Membaca doa dzikir setelah sholat memiliki banyak manfaat, di antaranya untuk meningkatkan taqwa dan keimanan seseorang kepada Allah. Dengan demikian, membaca doa dzikir setelah sholat merupakan ibadah yang sangat bermanfaat bagi umat muslim.