Doa Doa Harian Beserta Artinya
Doa Doa Harian Beserta Artinya

Doa Doa Harian Beserta Artinya

Doa adalah ucapan yang diucapkan untuk menyembah Allah SWT. Doa adalah pintu gerbang menuju ridho Allah SWT. Setiap muslim yang taat beragama Islam, senantiasa mengucapkan doa setiap hari. Berikut ini adalah beberapa doa harian yang tersimpan dalam Al-Qur’an dan Hadist, beserta artinya.

Doa Pagi dan Sore

Doa pagi dan sore adalah doa yang diucapkan di waktu pagi dan sore hari. Doa ini menjadi penutup sebelum beraktivitas. Doa ini diriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah seorang muslim berdoa dua kali di waktu pagi dan sore, melainkan Allah SWT akan memberikan kepadanya surga”. Doa pagi dan sore yang diajarkan adalah sebagai berikut:

“Ya Allah, aku mohon kepada-Mu ridlo, kebaikan, keselamatan, kemuliaan dan kesejahteraan di hari ini. Aku memohon kepada-Mu kebaikan di dunia dan akhirat. Ya Allah, aku memohon perlindungan-Mu dari kejahatan diriku, kejahatan jiwa dan kejahatan amalan”.

Doa Sebelum Makan dan Minum

Doa sebelum makan dan minum adalah doa yang diucapkan sebelum makan dan minum. Doa ini diajarkan Rasulullah SAW sebagai berikut:

“Bismillah”. (Dengan nama Allah).

Doa ini memiliki arti bahwa segala sesuatu yang akan kita lakukan, haruslah dimulai dengan niat yang baik dan dengan menyebut nama Allah SWT.

Doa Setelah Makan dan Minum

Doa setelah makan dan minum adalah doa yang diucapkan setelah makan dan minum. Doa ini memiliki tujuan agar kita diberikan kesempurnaan dalam melakukan ibadah. Doa yang diajarkan Rasulullah SAW adalah sebagai berikut:

“Alhamdulillahiladzi at’amana wa saqana waja’alana muslimin”. (Segala puji bagi Allah yang telah memberi kita makan dan minum, dan menjadikan kita sebagai orang Muslim).

Doa Sebelum Tidur

Doa sebelum tidur adalah doa yang diucapkan sebelum beristirahat. Doa ini memiliki tujuan agar kita diberikan kekuatan, kesehatan, dan keselamatan di waktu tidur. Doa yang diajarkan Rasulullah SAW adalah sebagai berikut:

“Allahumma aslamtu nafsi ilaika, wa wajjahtu wajhi ilaika, wa fawwadtu amri ilaika, la malja’a wa la manja minka illa ilaika. A’udzu bika minal ghasqi wal khasa’is, kulli syai’in anta a’lamu bihi”. (Ya Allah, aku berserah diri kepada-Mu, aku menghadapkan wajahku kepada-Mu, aku serahkan urusanku kepada-Mu. Tidak ada daya upaya dan kekuatan kecuali (dengan) pertolongan-Mu. Aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dan kesusahan. Segala sesuatu Engkau Maha Mengetahui).

Doa Bangun Tidur

Doa bangun tidur adalah doa yang diucapkan saat bangun dari tidur. Doa ini memiliki tujuan agar Allah SWT melindungi kita di waktu tidur dan membantu kita di waktu bangun. Doa yang diajarkan Rasulullah SAW adalah sebagai berikut:

“Allahumma bahinii fi nafsi, wa bahinii fi syai’in, wa bahinii fi ummatii. Allahumma antas salaamu, wa minkas salaamu, tabaarakta ya dzal jalaali wal ikraam”. (Ya Allah, semoga Engkau memberi kelancaran dalam jiwa, semoga Engkau memberi kelancaran dalam urusanku, semoga Engkau memberi kelancaran dalam umatku. Ya Allah, Engkau adalah sebaik-baik pencipta, dan sebaik-baik pemberi berkah).

Doa Masuk Masjid

Doa masuk masjid adalah doa yang diucapkan saat masuk ke masjid. Doa ini memiliki tujuan agar Allah SWT menerima ibadah yang akan kita lakukan di masjid. Doa yang diajarkan Rasulullah SAW adalah sebagai berikut:

“Allahummaftah lii abwaaba rahmatik”. (Ya Allah, bukalah bagi ku pintu-pintu rahmat-Mu).

Doa Keluar Masjid

Doa keluar masjid adalah doa yang diucapkan saat keluar dari masjid. Doa ini memiliki tujuan agar Allah SWT melindungi kita di luar masjid. Doa yang diajarkan Rasulullah SAW adalah sebagai berikut:

“Allahumma innii as’aluka min fadhlika”. (Ya Allah, aku memohon kepada-Mu segala keutamaan-Mu).

Kesimpulan

Ucapan doa memiliki arti yang sangat dalam dalam agama Islam. Doa adalah cara untuk menyembah Allah SWT, memohon ridho-Nya, dan tanda syukur atas nikmat yang telah diberikan-Nya. Doa-doa yang tersimpan dalam Al-Qur’an dan Hadist, adalah beberapa doa harian yang harus diucapkan oleh setiap muslim yang taat. Dengan mengucapkan doa-doa ini, akan membantu kita untuk mendapatkan ridho dan kasih sayang Allah SWT.