Doa Doa Dalam Bahasa Arab dan Artinya
Doa Doa Dalam Bahasa Arab dan Artinya

Doa Doa Dalam Bahasa Arab dan Artinya

Doa adalah permintaan yang diucapkan dengan keyakinan dan penuh harapan kepada Allah. Doa adalah salah satu bentuk komunikasi yang merupakan cara manusia untuk bertaubat dan mohon pertolongan Allah. Doa adalah salah satu cara untuk berinteraksi dengan Allah dan mendapatkan pertolongan-Nya. Doa juga dapat membantu seseorang untuk menyadari keterbatasan dan kelemahannya, sehingga dia bisa menyerahkan semuanya kepada Allah dan menerima ketentuan-Nya dengan penuh kesabaran.

Doa yang ditujukan kepada Allah biasanya dalam bahasa Arab. Bahasa Arab merupakan bahasa yang khusus ditujukan untuk berkomunikasi dengan Allah. Bahasa Arab memiliki banyak keistimewaan, salah satunya adalah bahasa yang paling dekat dengan Allah. Bahasa Arab juga menjadi bahasa yang sangat penting dalam agama Islam, karena Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab. Di dalam Al-Qur’an terdapat banyak doa-doa yang sangat penting untuk diketahui dan ditekuni oleh umat Islam.

Beberapa Doa Doa dalam Bahasa Arab dan Artinya

1. Doa Berbuka Puasa: “Allahumma inni laka sumtu wa bikaaamantu wa alayka tawakkaltu wa ‘ala rizqika aftartu” artinya “Ya Allah, aku berbuka puasa dengan rizki yang Engkau berikan dan aku berserah diri kepada-Mu dan aku bertawakal kepada-Mu dan aku membuka puasa dengan rizki yang Engkau berikan”.

2. Doa Masuk Masjid: “Allahummaftah lii abwaaba rahmatik” artinya “Ya Allah, bukalah pintu rahmat-Mu untukku”.

3. Doa Keluar Masjid: “Allahumma innaa nas’aluka fee hudoorikal’aafiyah”(artinya “Ya Allah, kami memohon perlindungan-Mu dari segala macam kejahatan”.

4. Doa Makan: “Bismillah” artinya “Dengan nama Allah”.

5. Doa Bangun Tidur: “Alhamdulillahilladzi ahyaanaa ba’da ma amaatanaa wa ilayhin nushoor” artinya “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati dan kepada-Nya kami dikembalikan”.

6. Doa Berwudhu: “Allahumma aghfirlii zunuubi waftah li abwaaba rahmatik” artinya “Ya Allah, ampunilah dosaku dan bukalah pintu rahmat-Mu untukku”.

7. Doa Berdoa: “Rabbanaa zalamna anfusanaa wa ilayka tawwakkalnaa wa ilayka anabnaa wa ilayka al-hamd wa ilayka al-shalawat wa anaa bimadadik” artinya “Ya Tuhan kami, kami telah melakukan kesalahan kepada diri kami sendiri dan hanya kepada-Mu kami bertawakal dan hanya kepada-Mu kami berlindung dan hanya kepada-Mu kami mengucapkan puji dan hanya kepada-Mu kami meminta pertolongan dan hanya kepada-Mu kami meminta pertolongan”.

8. Doa Menghadapi Cobaan: “Allahumma inni as aluka min khairi maa sa’altu wa a’oodhu bika min sharri maa ja’altu” artinya “Ya Allah, aku mohon kebaikan yang aku minta dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang aku lakukan”.

9. Doa Sujud: “Subhaana rabbiyal a’laa wa bihamdih” artinya “Maha Suci Tuhanku yang Maha Tinggi dan aku memuji-Nya”.

10. Doa Memohon Pertolongan: “Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dhurriyaatinaa qurrata a’yunin wa aj’alnaa lil muttaqeen” artinya “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan yang saleh dan jadikanlah kami termasuk orang-orang yang bertaqwa”.

Kesimpulan

Doa merupakan salah satu cara untuk berinteraksi dengan Allah dan meminta pertolongan-Nya. Doa-doa tersebut biasanya dalam bahasa Arab agar lebih dekat dengan Allah. Beberapa doa yang dapat dilakukan adalah doa berbuka puasa, doa masuk dan keluar masjid, doa makan, doa bangun tidur, doa berwudhu, doa berdoa, doa menghadapi cobaan, doa sujud, dan doa memohon pertolongan.