Doa Dhuha dan Artinya
Doa Dhuha dan Artinya

Doa Dhuha dan Artinya

Doa Dhuha atau juga dikenal dengan nama “Doa Syuruq” adalah salah satu doa yang dianjurkan untuk dibaca sejak dini. Doa ini merupakan salah satu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk memohon perlindungan, kesejahteraan, dan rahmat kepada Allah SWT. Doa ini juga dapat dibaca setelah melaksanakan shalat fardhu, baik shalat fardhu wajib maupun shalat sunnah lainnya.

Doa Dhuha memiliki arti yang luas, yaitu mohon perlindungan, rahmat, dan kesejahteraan dari Allah SWT. Doa ini juga berfungsi untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT dan menambah keimanan sang pembaca. Doa Dhuha dianjurkan untuk dibaca pada waktu Dhuha, dimulai dari waktu masuknya matahari sampai terbitnya. Selain itu, doa ini juga dapat dibaca pada waktu lainnya seperti di antara shalat fardhu dan shalat sunnah.

Ayat Doa Dhuha dan Artinya

Doa Dhuha terdiri dari 4 ayat yang terdapat di dalam Surah Al-Insan, ayat 11 sampai ayat 14. Berikut ini adalah ayat-ayat doa Dhuha dan artinya:

  • “الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ” (الإنسان: 11)
  • “Shalat dan salam semoga tercurah atasmu, wahai Tuhan Yang Maha Mulia dan Maha Agung.” (QS. Al-Insan: 11)
  • “إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا” (الإنسان: 12)
  • ”Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Malaikat-Nya memanjatkan shalawat atas Nabi, hai orang-orang yang beriman, panjatkanlah shalawat atasnya dan ucapkanlah salam penghormatan.” (QS. Al-Insan: 12)
  • “إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا الْأَمَانَاتِ إِلَى أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ ۚ إِنَّ اللَّهَ نِعِمَّا يَعِظُكُمْ بِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ سَمِيعًا بَصِيرًا” (الإنسان: 13)
  • ”Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat (kepada yang berhak menerimanya), dan apabila kamu menetapkan hukum di antara manusia, hendaklah kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang baik kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Insan: 13)
  • “اللَّهُ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤْدُوا الْأَمَانَاتِ إِلَىٰ أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ ۚ إِنَّ اللَّهَ نِعِمَّا يَعِظُكُمْ بِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ سَمِيعًا بَصِيرًا” (الإنسان: 14)
  • ”Dan Allah menyuruh kamu agar kamu mengembalikan sumpah-sumpah (yang telah diucapkan) dan apabila kamu berbuat adil di antara manusia, maka hendaklah kamu berlaku adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang baik kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (QS. Al-Insan: 14)

Makna Doa Dhuha dan Kebaikannya

Doa Dhuha memiliki makna yang luas, yaitu mohon perlindungan, rahmat, dan kesejahteraan dari Allah SWT. Doa ini juga berfungsi untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT dan menambah keimanan sang pembaca. Doa ini juga memiliki banyak kebaikan seperti di bawah ini:

  • Doa Dhuha memiliki kemampuan untuk menghapus dosa dan membuka pintu-pintu rahmat Allah SWT.
  • Doa ini juga dapat membantu memperkuat keyakinan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.
  • Doa ini juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan energi spiritual dan meningkatkan kekuatan mental kita.
  • Doa ini juga dapat membantu kita untuk berpikir lebih jernih dan meningkatkan kemampuan kita untuk berpikir.
  • Doa ini juga dapat membantu membuka pintu-pintu rezeki dan keberuntungan yang lebih baik.

Cara