Doa dalam Sholat Jenazah dan Artinya
Doa dalam Sholat Jenazah dan Artinya

Doa dalam Sholat Jenazah dan Artinya

Sholat jenazah adalah salah satu rukun Islam yang wajib dijalankan oleh setiap muslim apabila mendengar berita kematian seseorang. Sholat jenazah juga merupakan sholat yang tidak boleh ditinggalkan dan ditunda-tunda. Sholat ini terdiri dari dua rakaat dan setiap rakaatnya diakhiri dengan doa. Berikut adalah doa-doa yang biasa dibaca dalam sholat jenazah dan artinya.

Doa Pertama

Doa pertama yang dibaca dalam sholat jenazah adalah doa yang berbunyi: “اللَّهُـمَّ اغْفِـرْ لَهُ وَارْحَمْـهُ، وَعافِهِ وَاعْفُ عَنْـهُ، وَأَكْـرِمْ نَزْلَـهُ، وَوَسِّـعْ مُدْخَـلَهُ، وَاغْسِلْـهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَـرَدِ، وَنَقِّـهِ مِنَ الذُّنُوبِ كَمَا نَـقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْـدِلْهُ دَاراً خَيْراً مِنْ دَارِـهِ، وَأَهْلاً خَيْراً مِنْ أَهْلِـهِ، وَزَوْجاً خَيْراً مِنْ زَوْجِـهِ، وَأَدْخِـلْهُ الْجَنَّـةَ وَأَعِذْـهُ مِنْ عَذابِ القَـبْرِ”.

Doa ini berarti: “Ya Allah, ampunilah dia dan rahmatilah dia, berilah kesembuhan kepadanya, maafkanlah dosanya, terimalah kematiannya, luaskanlah tempat kedudukannya, bersihkanlah dia dengan air, salju, dan es, bersihkanlah dia dari dosa sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran, berilah dia tempat tinggal yang lebih baik daripada tempat tinggalnya, berilah dia keluarga yang lebih baik daripada keluarganya, berilah dia pasangan yang lebih baik daripada pasangannya, masukkanlah dia ke dalam surga dan lindungilah dia dari azab kubur”.

Doa Kedua

Doa kedua yang dibaca dalam sholat jenazah adalah doa yang berbunyi: “اللَّهُـمَّ إِنِّـي أَسْـأَلُـكَ مِنْ خَشْـيَتِكَ، وَأَسْـأَلُكَ عِـزَّةَ الدِّيْنِ وَالْعُـصْمَةَ مِنْ الشَّـيْطانِ الرَّجِيْمِ”.

Doa ini berarti: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu rasa takut akan-Mu, serta agar Engkau meneguhkan agama dan melindungi dari setan yang terkutuk”.

Doa Ketiga

Doa ketiga yang dibaca dalam sholat jenazah adalah doa yang berbunyi: “اللَّهُـمَّ اغْفِـرْ لِلْمَؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنـاتِ، وَالإِحْسانِ أَيُّهَا الْكَرَامُ، اللَّهُـمَّ اغْفِـرْ لِأَحْيَاءِ مِنْـهُمْ وَارْحَمْ أَمْوَاتَهُمْ”.

Doa ini berarti: “Ya Allah, ampunilah para laki-laki dan perempuan yang beriman, dan orang-orang yang berbuat kebaikan, ya Allah, ampunilah para yang masih hidup di antara mereka dan kasihilah para yang sudah meninggal”.

Doa Keempat

Doa keempat yang dibaca dalam sholat jenazah adalah doa yang berbunyi: “اللَّهُـمَّ اجْعَـلْهُمْ فِي الأَخْيَارِ مِنْ خَلْـقِكَ، وَاجْعَلْهُمْ مِنَ الأَوْلِيَآءِ الَّذِيْنَ أَنْعَـمْتَ عَلَيْهِمْ، وَاجْعَلْهُـمْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ الأَبْرَارِ”.

Doa ini berarti: “Ya Allah, jadikanlah mereka termasuk hamba-hamba-Mu yang terbaik, jadikanlah mereka termasuk orang-orang yang Engkau beri nikmat, dan jadikanlah mereka termasuk orang-orang yang berbuat kebaikan yang paling baik”.

Doa Kelima

Doa kelima yang dibaca dalam sholat jenazah adalah doa yang berbunyi: “اللَّهُـمَّ إِنَّا نَسْـتَعِيْنُكَ فِيهِمْ، وَنَسْتَغْفِرُكَ لَهُمْ، وَنَشْكُوْ إِلَيْكَ دَعْوَتَهُمْ، اللَّهُـمّ