Doa dalam Shalat Jenazah dan Artinya
Doa dalam Shalat Jenazah dan Artinya

Doa dalam Shalat Jenazah dan Artinya

Shalat jenazah adalah salah satu syarat wajib yang dilakukan setelah seseorang meninggal dunia. Shalat jenazah ini dilakukan dengan tujuh kali takbir dan didalamnya terdapat doa yang harus dibaca. Doa dalam shalat jenazah ini berbeda dengan doa-doa yang biasanya kita baca. Berikut adalah doa-doa yang dibaca dalam shalat jenazah beserta artinya.

Doa Pertama

Doa pertama dalam shalat jenazah adalah “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar”. Doa ini berarti “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar”. Dengan membaca doa ini, kita menunjukkan bahwa kita sebagai hamba Allah mengakui kebesaran Allah SWT. Doa ini juga mengandung makna bahwa kita harus meyakini akan kekuasaan Allah SWT di atas segala sesuatu.

Doa Kedua

Doa kedua yang dibaca dalam shalat jenazah adalah “Laa ilaaha illallah”. Doa ini berarti “Tidak ada Tuhan (yang hak) selain Allah”. Dengan membaca doa ini, kita mengakui bahwa hanya Allahlah yang hak dan tidak ada Tuhan selain Dia. Doa ini juga berarti bahwa kita harus meyakini kebesaran Allah SWT dan melakukan segala sesuatu atas perintah-Nya.

Doa Ketiga

Doa ketiga yang dibaca dalam shalat jenazah adalah “Subhanallahi wa bihamdihi”. Doa ini berarti “Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya”. Dengan membaca doa ini, kita mengakui bahwa hanya Allahlah yang benar-benar suci dan maha berkuasa. Doa ini juga berarti bahwa kita harus meyakini bahwa Allah maha suci dan maha berkuasa atas segala sesuatu.

Doa Keempat

Doa keempat yang dibaca dalam shalat jenazah adalah “Subhanallahi ‘alaa kulli syai’in wa bihamdihi”. Doa ini berarti “Maha Suci Allah atas segala sesuatu dan segala puji bagi-Nya”. Dengan membaca doa ini, kita mengakui bahwa Allah SWT maha suci dan maha berkuasa atas segala sesuatu. Doa ini juga berarti bahwa kita harus meyakini bahwa Allah adalah Tuhan yang terpuji dan maha berkuasa.

Doa Kelima

Doa kelima yang dibaca dalam shalat jenazah adalah “Allahu Akbaru kabeera”. Doa ini berarti “Allah Maha Besar dan Maha Agung”. Dengan membaca doa ini, kita mengakui bahwa Allah adalah Tuhan yang maha besar dan maha agung. Doa ini juga berarti bahwa kita harus meyakini bahwa hanya Allah yang maha besar dan maha agung.

Doa Keenam

Doa keenam yang dibaca dalam shalat jenazah adalah “Laa hawla walaa quwwata illa billah”. Doa ini berarti “Tidak ada daya dan kekuatan kecuali Allah”. Dengan membaca doa ini, kita mengakui bahwa hanya Allah yang memiliki kekuatan dan daya untuk melakukan sesuatu. Doa ini juga berarti bahwa kita harus meyakini bahwa Allah adalah Tuhan yang maha berkuasa atas segala sesuatu.

Doa Ketujuh

Doa ketujuh yang dibaca dalam shalat jenazah adalah “Subhanallahi wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridaa nafsihi wa zinata ‘arshihi wa midaada kalimatihi”. Doa ini berarti “Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya atas ciptaan-Nya, ridha-Nya, kemuliaan Arsy-Nya dan kekuasaan firman-Nya”. Dengan membaca doa ini, kita mengakui bahwa Allah adalah Tuhan yang maha suci dan maha berkuasa atas segala sesuatu. Doa ini juga berarti bahwa kita harus meyakini akan kemuliaan Allah SWT dan kekuasaan firman-Nya.

Kesimpulan

Doa-doa dalam shalat jenazah merupakan bagian penting dari shalat jenazah. Doa-doa tersebut harus dibaca dengan tepat dan jelas. Doa-doa tersebut telah diberikan oleh Allah SWT untuk mengingatkan kita akan kebesaran-Nya dan mengakui hakikat bahwa hanya Allah yang maha suci dan maha berkuasa di atas segala sesuatu. Kita harus meyakini bahwa Allah adalah Tuhan yang maha berkuasa dan maha suci.