Doa Dalam Bahasa Makassar dan Artinya
Doa Dalam Bahasa Makassar dan Artinya

Doa Dalam Bahasa Makassar dan Artinya

Doa atau dalam bahasa Inggris disebut ‘prayer’ merupakan suatu bentuk menyampaikan ungkapan rasa syukur atau permohonan dalam menghadapi suatu keadaan. Bentuk ungkapan doa dalam agama Islam beragam. Salah satunya adalah doa dalam bahasa Makassar. Bahasa Makassar digunakan sebagai bahasa daerah di Sulawesi Selatan dan sekitarnya.

Doa Kebaikan dan Kebahagiaan dalam Bahasa Makassar

Doa yang biasa disebut dengan doa ‘pangngacce’ adalah salah satu bentuk doa yang berasal dari ajaran agama Islam. Bentuk doa ini biasa diucapkan untuk mengucapkan selamat atas kebaikan dan kebahagiaan seseorang. Doa ini berbunyi: “Ummi’na-ta puang, ri pangngacce oi, danggi’na-ta kasallena buntu, luwa’na-ta luwa’ buntu.” Artinya, “Semoga Allah mengabulkan doa kita dan semoga kita selalu mendapatkan kebaikan dan kebahagiaan.”

Doa Pembuka Hati dalam Bahasa Makassar

Doa yang biasa disebut dengan doa ‘pangngacce’ adalah salah satu bentuk doa yang berasal dari ajaran agama Islam. Doa ini biasa diucapkan untuk membuka hati seseorang dan untuk menyembuhkan orang yang menderita. Doa ini berbunyi: “Ummi’na-ta puang, ri pangngacce oi, danggi’na-ta kasallena buntu, luwa’na-ta luwa’ buntu.” Artinya, “Semoga Allah mengabulkan doa kita dan semoga kita selalu mendapatkan kebaikan dan kebahagiaan.”

Doa Kebahagiaan dan Kebaikan dalam Bahasa Makassar

Doa yang biasa disebut dengan doa ‘pangngacce’ adalah salah satu bentuk doa yang berasal dari ajaran agama Islam. Doa ini biasa diucapkan untuk mengucapkan selamat atas kebahagiaan dan kebaikan seseorang. Doa ini berbunyi: “Ummi’na-ta puang, ri pangngacce oi, danggi’na-ta kasallena buntu, luwa’na-ta luwa’ buntu.” Artinya, “Semoga Allah mengabulkan doa kita dan semoga kita selalu mendapatkan kebahagiaan dan kebaikan.”

Doa Dari Hati dalam Bahasa Makassar

Doa yang biasa disebut dengan doa ‘pangngacce’ adalah salah satu bentuk doa yang berasal dari ajaran agama Islam. Doa ini biasa diucapkan untuk menyampaikan doa dari hati seseorang. Doa ini berbunyi: “Ummi’na-ta puang, ri pangngacce oi, danggi’na-ta kasallena buntu, luwa’na-ta luwa’ buntu.” Artinya, “Semoga Allah mengabulkan doa kita dan semoga kita selalu mendapatkan kebaikan dan kebahagiaan.”

Doa Petunjuk dan Kebaikan dalam Bahasa Makassar

Doa yang biasa disebut dengan doa ‘pangngacce’ adalah salah satu bentuk doa yang berasal dari ajaran agama Islam. Doa ini biasa diucapkan untuk mendapatkan petunjuk dan kebaikan seseorang. Doa ini berbunyi: “Ummi’na-ta puang, ri pangngacce oi, danggi’na-ta kasallena buntu, luwa’na-ta luwa’ buntu.” Artinya, “Semoga Allah mengabulkan doa kita dan semoga kita selalu mendapatkan petunjuk dan kebaikan.”

Doa Mohon Kebaikan dalam Bahasa Makassar

Doa yang biasa disebut dengan doa ‘pangngacce’ adalah salah satu bentuk doa yang berasal dari ajaran agama Islam. Doa ini biasa diucapkan untuk memohon kebaikan seseorang. Doa ini berbunyi: “Ummi’na-ta puang, ri pangngacce oi, danggi’na-ta kasallena buntu, luwa’na-ta luwa’ buntu.” Artinya, “Semoga Allah mengabulkan doa kita dan semoga kita selalu mendapatkan kebaikan.”

Doa Sejahtera dalam Bahasa Makassar

Doa yang biasa disebut dengan doa ‘pangngacce’ adalah salah satu bentuk doa yang berasal dari ajaran agama Islam. Doa ini biasa diucapkan untuk mendapatkan kesejahteraan seseorang. Doa ini berbunyi: “Ummi’na-ta puang, ri pangngacce oi, danggi’na-ta kasallena buntu, luwa’na-ta luwa’ buntu.” Artinya, “Semoga Allah mengabulkan doa kita dan semoga kita selalu mendapatkan kesejahteraan.”

Doa Kekuatan dalam Bahasa Makassar

Doa yang biasa disebut dengan doa ‘pangngacce’ adalah salah satu bentuk doa yang berasal dari ajaran agama Islam. Doa ini biasa diucapkan untuk mendapatkan kekuatan seseorang. Doa ini berbunyi: “Ummi’na-ta puang, ri pangngacce oi, danggi’na-ta kasallena buntu, luwa’na-ta luwa’ buntu.” Artinya, “Semoga Allah mengabulkan doa kita dan semoga kita selalu mendapatkan kekuatan.”

Kesimpulan

Doa merupakan bentuk ungkapan yang dapat membawa manfaat baik bagi diri kita maupun orang lain. Doa dalam bahasa Makassar merupakan bagian dari tradisi masyarakat Sulawesi Selatan dan sekitarnya. Doa-doa tersebut biasanya diucapkan untuk menyampaikan ucapan selamat, membuka hati, memohon petunjuk, memohon kebaikan, meminta kesejahteraan, dan meminta kekuatan.