Doa dalam Al-Qur’an dan Artinya
Doa dalam Al-Qur’an dan Artinya

Doa dalam Al-Qur’an dan Artinya

Dalam Al-Qur’an, doa adalah salah satu cara untuk menyampaikan harapan dan keinginan kepada Allah SWT. Doa adalah sebuah kalimat yang berisi permohonan, harapan, dan keinginan kepada Allah SWT. Doa juga merupakan salah satu bentuk ibadah dan komunikasi dengan Allah SWT. Doa adalah cara untuk meminta bantuan dan pertolongan kepada Allah SWT.

Doa dalam Al-Qur’an adalah doa yang dituliskan dalam Al-Qur’an. Doa yang ditulis dalam Al-Qur’an adalah doa yang diajarkan oleh Allah SWT. Doa dalam Al-Qur’an juga merupakan doa yang dipercaya akan menolong orang yang membacanya. Doa dalam Al-Qur’an adalah kalimat yang bisa membawa keberkahan dan kemuliaan bagi orang yang membacanya.

Berikut Beberapa Doa dalam Al-Qur’an dan Artinya:

1. “Rabbi zidni ‘ilma”. Ini adalah doa yang berarti “Ya Tuhanku, tambahkanlah aku ilmu”. Doa ini bisa dibaca setiap hari untuk meminta kepada Allah SWT agar diperbanyak ilmunya.

2. “Rabbi habli min ladunka rahma”. Doa ini berarti “Ya Tuhanku, berilahlah aku dari sisi-Mu rahmat”. Doa ini bisa dibaca untuk meminta kepada Allah SWT agar dihamparkan rahmat-Nya kepada kita.

3. “Rabbi inni lima anzaltahu ilaiya min khairin fardaw wa-inna ilaiya laminal muhsinin”. Doa ini berarti “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah menyampaikan kepada-Mu segala sesuatu yang baik, dan sesungguhnya aku adalah dari orang-orang yang berbuat baik”. Doa ini bisa dibaca untuk meminta kepada Allah SWT agar selalu melindungi kita dari segala kejahatan.

4. “Rabbi auzu bika min hamazatish-shayatin wa auzu bika rabbi an yahduruni”. Doa ini berarti “Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari gangguan setan-setan dan aku berlindung kepada-Mu agar mereka tidak mempengaruhi ku”. Doa ini bisa dibaca untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT dari setan-setan yang berusaha untuk menyesatkan kita.

5. “Robbana hablana min azwajina wadhurriy yatina qurrata a’yunin waj’alna lilmuttaqina imama”. Doa ini berarti “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri dan keturunan yang baik-baik, dan jadikanlah kami sebagai pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa”. Doa ini bisa dibaca untuk meminta kepada Allah SWT agar kita diberikan keturunan yang baik dan diberi kemampuan untuk menjadi pemimpin yang bijaksana.

6. “Rabbana atina fid dunya hasanatan wa fil akhirati hasanatan waqina adzabannar”. Doa ini berarti “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka”. Doa ini bisa dibaca untuk meminta kepada Allah SWT agar kita selalu diberi kebaikan di dunia dan di akhirat dan juga diberikan perlindungan dari siksa neraka.

7. “Rabbana wailayka al-masir”. Doa ini berarti “Ya Tuhan kami, arahkanlah kami ke jalan yang benar”. Doa ini bisa dibaca untuk meminta kepada Allah SWT agar selalu memberikan petunjuk dan panduan yang benar dalam hidup kita.

8. “Rabbishrah li sadri wa yassirli amri wa ahlanli wa mahlul ‘alayya thurriyyatee”. Doa ini berarti “Ya Tuhanku, perkuatlah aku dengan sadarku, mudahkanlah urusanku, dan kelakilah aku dengan kebaikan dan jadikanlah anak-anakku sebagai penerus”. Doa ini bisa dibaca untuk meminta kepada Allah SWT agar memberikan kesadaran dan kemudahan dalam menjalani hidup serta memberikan kebaikan bagi anak-anak kita.

9. “Rabbana wala tukhzina yawmal qiyamah innaka la tukhliful mi’ad”. Doa ini berarti “Ya Tuhanku, janganlah Engkau hinakan hari kiamat, sesungguhnya Engkau tidak mengingkari janji”. Doa ini bisa dibaca untuk meminta kepada Allah SWT agar menjaga kita dari hari kiamat yang pasti datang dan menepati janji-Nya.

10. “Rabbi hab lana milladunka rahma innaka anta alwahhab”. Doa ini berarti “Ya Tuhanku, berilah kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi”. Doa ini bisa dibaca untuk meminta kepada Allah SWT agar melimpahkan rahmat-Nya kepada kita.

Kesimpulan

Doa dalam Al-Qur’an adalah doa yang dituliskan dalam Al-Qur’an yang dipercaya akan menolong orang yang membacanya. Doa dalam Al-Qur’an ini adalah doa yang diajarkan oleh Allah SWT dan dapat membawa keberkahan dan kemuliaan bagi orang yang membacanya. Dengan membaca doa dalam Al-Qur’an, kita dapat meminta bantuan, pertolongan, dan perlindungan kepada Allah SWT.