Doa Bulan Rajab Lengkap Latin dan Artinya
Doa Bulan Rajab Lengkap Latin dan Artinya

Doa Bulan Rajab Lengkap Latin dan Artinya

Bulan Rajab merupakan bulan khusus bagi umat muslim, sebab di bulan ini umat muslim diperintahkan untuk meningkatkan ibadah, menjauhkan diri dari perbuatan dosa, dan meningkatkan ketaqwaan.

Di dalam Al-Quran terdapat doa yang bisa disebut sebagai doa bulan Rajab, yaitu doa Nabi Ibrahim AS, yaitu:

Doa Nabi Ibrahim AS

Rabbanaa aatinaa fid-dunyaa hasanatan wa fil aakhirati hasanatan wa qinaa ‘adzaaban naar. (QS. Al-Baqarah: 201)

Arti Doa Nabi Ibrahim AS

Ya Tuhan kami anugerahilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka.

Selain doa di atas, umat muslim juga biasanya melakukan doa yang biasa disebut sebagai doa bulan Rajab. Doa ini biasanya diamalkan pada hari kelima, keenam dan ketujuh bulan Rajab. Berikut adalah doa bulan Rajab lengkap latin dan artinya:

Doa Bulan Rajab Lengkap Latin dan Artinya

Alloohumma innii as’aluka bi annii tawallaa ‘alaa man tawallaa ‘alayya wa taqabbal minnii maata qablaa an taj’ala lii fitnatan wa laa taj’ala lii fitnatan dzalladzii laa uqsimu bih. (HR. Abu Daud)

Arti Doa Bulan Rajab

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar Engkau mengurus orang yang mengurus aku dan menerima taubatku sebelum Engkau menguji aku dengan ujian yang tidak dapat kuatasi.

Selain doa di atas, umat muslim juga melakukan beberapa doa lainnya di bulan Rajab, seperti doa Nabi Muhammad SAW, seperti berikut:

Doa Nabi Muhammad SAW

Allahummaj’alhu lii rahmatan wa ‘aafiyatan wa rizaqan tayyiban wa ‘aafiyatan tardziiqan wa wafaa’an ‘alayyaa. (HR. Ibnu Majah)

Arti Doa Nabi Muhammad SAW

Ya Allah, jadikanlah bulan Rajab ini sebagai bulan untuk meraih rahmat-Mu, kesehatan, rezeki yang baik, keberuntungan dan perlindungan-Mu.

Kalau kita membaca doa-doa di atas, kita diwajibkan untuk mengetahui artinya agar kita bisa memahaminya. Doa-doa di atas juga bisa kita baca pada hari-hari lain di bulan Rajab, sebab doa-doa ini merupakan salah satu bentuk ibadah yang bisa dikerjakan umat muslim di bulan Rajab.

Kesimpulan

Bulan Rajab merupakan bulan khusus bagi umat muslim, sehingga di bulan ini kita diwajibkan untuk meningkatkan ibadah. Salah satu bentuk ibadah yang bisa kita lakukan adalah dengan membaca berbagai doa yang biasa disebut sebagai doa bulan Rajab. Doa tersebut antara lain doa Nabi Ibrahim AS dan doa Nabi Muhammad SAW, lengkap dengan latin dan artinya.