Doa Buka Puasa Ramadhan Arab dan Artinya
Doa Buka Puasa Ramadhan Arab dan Artinya

Doa Buka Puasa Ramadhan Arab dan Artinya

Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia. Bulan dimana umat muslim berpuasa mulai dari fajar hingga terbenamnya matahari. Bulan penuh berkah ini pun memiliki doa khusus yang diucapkan saat akan membuka puasa. Doa ini bernama doa buka puasa Ramadhan atau dikenal juga dengan nama doa iftar. Doa buka puasa ini pun berbeda-beda tergantung dari bahasa yang digunakan. Salah satu bahasa yang sering digunakan untuk doa buka puasa adalah bahasa Arab.

Berikut adalah doa buka puasa Ramadhan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dan artinya dalam bahasa Arab:

Doa Buka Puasa Ramadhan dalam Bahasa Arab

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ

Arti Doa Buka Puasa Ramadhan dalam Bahasa Indonesia

Ya hayyu Ya qoyyum, bi-rahmatika astaghees, wa as-lih li sya’ni kullahu, wa laa takilni ‘ilaa nafsi tarfata ‘ain.

Artinya: “Ya hayyu ya qoyyum, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan, dan perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata.”

Cara Membaca Doa Buka Puasa Ramadhan

Doa buka puasa Ramadhan ini punya cara khusus dalam membacanya. Cara membaca doa iftar ini adalah dengan mengucapkannya di hadapan meja makan. Selain itu, cara membaca doa buka puasa Ramadhan pun juga dilakukan dengan cara berdiri. Namun, jika ingin duduk pun tidak menjadi masalah. Sebab, Rasulullah SAW pun membaca doa buka puasa saat duduk. Selain itu, berdiri pun juga bisa dilakukan.

Selain membaca doa iftar, umat muslim juga dianjurkan untuk berdoa saat akan membuka puasa. Doa yang dibaca ini pun berbeda-beda. Mulai dari doa saat akan membuka puasa hingga doa saat akan menyantap makanan.

Keutamaan Doa Buka Puasa Ramadhan

Menurut ahli fikih, mengucapkan doa buka puasa berarti seorang muslim berharap kepada Allah SWT agar diberikan keberkahan dalam menyantap makanan. Umat muslim juga akan menjadi lebih dekat dengan Allah SWT melalui doa-doa tersebut. Dengan demikian, setiap muslim dianjurkan untuk selalu mengucapkan doa buka puasa Ramadhan setiap kali akan membuka puasa.

Doa Lain yang dibaca Saat Membuka Puasa

Selain doa buka puasa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, umat muslim pun juga dianjurkan untuk membaca doa lain saat membuka puasa. Doa-doa tersebut antara lain: “Allahumma inni laka sumtu wa bika aamantu wa alayka tawakkaltu wa ‘ala rizq-ika aftarthu”. Artinya: “Ya Allah, aku berpuasa untuk-Mu, aku beriman kepada-Mu dan hanya kepada-Mu aku bertawakal dan dengan rezeki-Mu aku berbuka.”

Selain itu, ada juga doa lain saat akan membuka puasa yang dapat dibaca oleh umat muslim. Doa ini antara lain: “Allahumma inni as-aluka min fadhlika wa rahmatika, wa ‘aziimaka wa ‘ajr-al-‘amal”. Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu rahmat-Mu, keagungan-Mu dan pahala dari segala amalanku.”

Kesimpulan

Doa buka puasa Ramadhan adalah doa khusus untuk membuka puasa. Doa ini pun berbeda berdasarkan bahasa yang digunakan. Salah satu bahasa yang sering digunakan untuk doa buka puasa adalah bahasa Arab. Doa buka puasa dalam bahasa Arab yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah: “Ya hayyu Ya qoyyum, bi-rahmatika astaghees, wa as-lih li sya’ni kullahu, wa laa takilni ‘ilaa nafsi tarfata ‘ain”. Artinya: “Ya hayyu ya qoyyum, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan, dan perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata.” Selain itu, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca doa lain saat membuka puasa.