Doa Buka Puasa Lengkap Dengan Artinya
Doa Buka Puasa Lengkap Dengan Artinya

Doa Buka Puasa Lengkap Dengan Artinya

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Umat islam meyakini bahwa di bulan Ramadhan mereka bisa mendapatkan keampunan dan pahala yang lebih banyak. Di bulan Ramadhan, para muslim melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Namun, hal yang tak kalah pentingnya adalah doa buka puasa yang wajib dibaca setelah berbuka puasa. Berikut ini adalah doa buka puasa lengkap dengan artinya.

Doa Buka Puasa yang Dibaca Sebelum Berbuka Puasa

Doa yang wajib dibaca oleh umat muslim sebelum berbuka puasa adalah doa berikut: “Ya Allah, dengan memohon rahmat-Mu aku membuka puasaku”. Doa ini sebenarnya sangat sederhana, namun doa ini akan membawa manfaat yang besar bagi orang yang membacanya. Arti dari doa buka puasa ini adalah memohon kepada Allah agar mendapatkan rahmat-Nya dan kebaikan-Nya dalam berbuka puasa.

Doa Buka Puasa Lengkap dengan Arab dan Artinya

Doa yang dibaca oleh umat muslim setelah berbuka puasa adalah doa berikut: “Allahumma laka sumtu wa ‘ala rizqika aftartu”. Doa buka puasa ini berarti: “Ya Allah, aku berpuasa untuk-Mu dan aku membukanya dengan rezeki-Mu”. Doa ini berisi permohonan kepada Allah agar diberikan nikmat dan rezeki yang berlimpah.

Doa Buka Puasa dalam Hadits Rasulullah

Selain doa yang disebutkan di atas, Rasulullah juga menyebutkan sebuah doa buka puasa yang lengkap dengan artinya. Doa buka puasa ini adalah sebagai berikut: “Allahumma inni laka sumtu wa bika aamantu wa ‘ala rizqika aftartu”. Doa ini berarti: “Ya Allah, aku berpuasa untuk-Mu dan aku beriman kepada-Mu dan aku membukanya dengan rezeki-Mu”. Doa ini berisi pengakuan kepada Allah dan permohonan agar diberikan nikmat dan rezeki yang berlimpah.

Doa Buka Puasa dalam Al-Qur’an

Doa buka puasa yang diajarkan oleh Al-Qur’an juga sangat sederhana. Doa ini bisa ditemukan di dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi: “Ya Allah, sungguh Aku berpuasa untuk-Mu”. Doa buka puasa ini memiliki arti sebagai berikut: “Ya Allah, aku berpuasa untuk-Mu”. Doa ini berisi permohonan kepada Allah agar diberikan balasan yang baik atas ibadah puasa yang dilakukan.

Doa Buka Puasa dalam Hadits Abu Hurairah

Abu Hurairah merupakan salah satu sahabat Rasulullah yang paling dekat dengan beliau. Beliau juga mengajarkan sebuah doa buka puasa yang lengkap dengan artinya. Doa ini adalah sebagai berikut: “Allahumma inni laka sumtu wa bika aamantu wa alaika tawakkaltu wa ‘ala rizqika aftartu”. Doa ini berarti: “Ya Allah, aku berpuasa untuk-Mu dan aku beriman kepada-Mu dan aku bertawakkal kepada-Mu dan aku membukanya dengan rezeki-Mu”. Doa ini berisi pengakuan kepada Allah dan permohonan agar diberikan nikmat dan rezeki yang berlimpah.

Doa Buka Puasa dalam Hadits Anas bin Malik

Anas bin Malik adalah salah satu sahabat Rasulullah yang juga mengajarkan sebuah doa buka puasa yang lengkap dengan artinya. Doa ini adalah sebagai berikut: “Allahumma inni laka sumtu wa bika aamantu wa alaika tawakkaltu wa ‘ala rizqika aftartu wa alaikal-hamdu”. Doa ini berarti: “Ya Allah, aku berpuasa untuk-Mu dan aku beriman kepada-Mu dan aku bertawakkal kepada-Mu dan aku membukanya dengan rezeki-Mu dan aku memuji-Mu”. Doa ini berisi pengakuan kepada Allah dan permohonan agar diberikan nikmat dan rezeki yang berlimpah serta ucapan syukur atas nikmat dan rahmat-Nya.

Doa Buka Puasa yang Dibaca Setelah Berbuka Puasa

Setelah berbuka puasa, umat muslim juga wajib membaca doa berikut: “Allahumma inni laka sumtu wa bika aamantu wa alaika tawakkaltu wa ‘ala rizqika aftartu wa alaikal-birra wat-taqwa wa alaikas-salam”. Doa buka puasa ini berarti: “Ya Allah, aku berpuasa untuk-Mu dan aku beriman kepada-Mu dan aku bertawakkal kepada-Mu dan aku membukanya dengan rezeki-Mu dan aku mengerjakan kebaikan, berbuat baik dan takwa, serta aku menyerahkan segala sesuatu kepada-Mu”. Doa ini berisi permohonan kepada Allah agar diberikan nikmat dan rezeki yang berlimpah serta ucapan syukur atas nikmat dan rahmat-Nya.

Kesimpulan

Umat islam diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Ibadah puasa ini harus dilakukan dengan hati yang tulus dan ikhlas. Selain itu, umat Islam juga wajib membaca doa buka puasa sebelum dan sesudah berbuka puasa. Doa-doa buka puasa ini bisa diambil dari Al-Qur’an, Hadits Rasulullah, maupun Hadits para sahabat. Dengan mengamalkan doa buka puasa ini, umat muslim bisa mendapatkan pahala yang berlimpah dan kebaikan di akhirat nanti.