Doa Buka Puasa Dengan Artinya
Doa Buka Puasa Dengan Artinya

Doa Buka Puasa Dengan Artinya

Doa buka puasa atau yang sering disebut dengan shalat taubat merupakan sebuah ibadah yang diwajibkan bagi siapa saja yang melakukan puasa. Doa buka puasa adalah salah satu doa yang dibaca oleh orang-orang yang telah berpuasa. Doa buka puasa tidak hanya membantu untuk mengakhiri puasa, tetapi juga menjadi bagian dari pengakuan kepada Allah tentang kekhilafan-Nya, dan juga mengungkapkan rasa syukur kita atas anugerah-Nya. Di samping itu, doa buka puasa juga berfungsi untuk menghormati Allah dengan memuji-Nya melalui doa-doa yang dibaca saat berbuka puasa.

Doa buka puasa berbeda-beda tergantung dari setiap kebiasaan budaya yang berlaku di daerah tertentu. Di Indonesia, doa buka puasa umumnya berisi kalimat-kalimat yang berisi pujian kepada Allah, memohon ampunan, meminta keselamatan, dan kebaikan. Berikut adalah beberapa contoh doa buka puasa beserta artinya.

Doa Buka Puasa 1

اللَّهُمَّ إِنِّيْكَ أَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِيْ وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ أَنْ تُغْفِرَ لِيْ

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, agar Engkau mengampuni dosaku.”

Doa Buka Puasa 2

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِيْ الدِّيْنِ وَ الْحَيَاةِ وَ الْمَمَاتِ

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kesehatan di dunia dan di akhirat dan kematian yang baik.”

Doa Buka Puasa 3

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَ مِنْ أَهْلِهَا وَ أَنْ تَجْعَلَنِيْ مِنْ أَهْلِ السَّلَامِ

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu surga dan ahlinya, dan agar Engkau jadikan aku salah seorang dari ahli surga.”

Doa Buka Puasa 4

اللَّهُمَّ انْفَعْنِيْ بِمَا عَلَّمْتَنِيْ وَ عَلِّمْنِيْ مَا يَنْفَعُنِيْ

Artinya: “Ya Allah, berkahilah aku dengan apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku dan ajarkan kepadaku apa yang dapat bermanfaat bagi diriku.”

Doa Buka Puasa 5

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْوَفَاءَ فِيْ الْمَهَامِ وَ الأَمْرَاضِ وَ الْحَزَنِ

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kepatuhan dalam tugas-tugas, kesabaran dalam ujian, dan kedamaian dalam kesedihan.”

Doa Buka Puasa 6

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ أَنْ تَجْعَلَ فِيْ قَلْبِيْ نُوْرًا وَ عِلْمًا وَ تَبْدِيْلًا مِنَ الشَّرِّ إِلَى الْخَيْرِ

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar Engkau memancarkan cahaya dan pengetahuan di dalam hatiku, dan mengganti segala keburukan dengan kebaikan.”

Doa Buka Puasa 7

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ أَنْ تُصْرِفَ عَنِّيْ شَرَّ الأَعْدَاءِ وَ تَرْزُقْنِيْ فِيْ حَيَاتِيْ الدَّنْيَا وَ الآخِرَةِ

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk menjauhkan aku dari kejahatan musuh-musuhku, dan memberikan rizki kepadaku di dunia maupun di akhirat.”

Doa Buka Puasa 8

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ التَّوْفِيْقَ فِيْ الْحَيَاةِ وَ الْمَوْتِ وَ الْمَحِيَطِ

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu petunjuk di dunia, di akhirat, dan di seluruh tempat.”

Doa Buka Puasa 9

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ حَلَاوَةَ الْإِيْمَانِ وَ قُوَّةَ الْعَبْدِ وَ النَّصْرَ مِنَ اللَّهِ وَ الْفَتْحَ

Artinya: “Ya Allah,