Doa Buka Puasa Berserta Artinya
Doa Buka Puasa Berserta Artinya

Doa Buka Puasa Berserta Artinya

Doa buka puasa merupakan salah satu doa yang biasa dilafalkan oleh umat muslim di seluruh dunia, khususnya pada bulan Ramadhan. Doa buka puasa atau disebut juga dengan sebutan doa iftar merupakan doa yang diamalkan oleh umat muslim ketika akan berbuka puasa. Doa ini dilafalkan setelah berbuka puasa dengan makanan dan minuman yang tersedia.

Doa buka puasa biasanya dibaca oleh masing-masing orang ketika akan berbuka puasa. Doa ini merupakan salah satu bentuk keikhlasan yang dilafalkan oleh umat muslim agar Allah SWT menerima amal ibadah puasa yang kita lakukan. Selain itu, doa buka puasa juga merupakan wujud dari rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikanNya.

Doa buka puasa sesungguhnya merupakan salah satu bentuk keikhlasan yang sangat dianjurkan oleh umat muslim. Doa buka puasa ini dipercaya dapat menambah pahala puasa dan doa yang dilafalkan. Di dalam doa ini, kita memohon kepada Allah SWT agar puasa yang kita lakukan diterimaNya.

Doa Buka Puasa Berserta Artinya

Berikut ini adalah doa buka puasa berserta artinya yang dapat anda lafalkan ketika berbuka puasa:

“Ya Allah, dengan rahmatMu kami membuka puasa kami.” (Artinya: “Ya Allah, dengan rahmat-Mu kami membuka puasa kami.”)

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan karunia-Mu kepada kami semua.” (Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan karunia-Mu kepada kami semua.”)

“Ya Allah, berilah kami kekuatan untuk melakukan ibadah-ibadah hingga akhir Ramadhan.” (Artinya: “Ya Allah, berilah kami kekuatan untuk melakukan ibadah-ibadah hingga akhir Ramadhan.”)

“Ya Allah, jadikanlah puasa kami ini sebagai ibadah yang diterima oleh-Mu.” (Artinya: “Ya Allah, jadikanlah puasa kami ini sebagai ibadah yang diterima oleh-Mu.”)

“Ya Allah, sampaikanlah kebaikan yang kami lakukan pada orang lain.” (Artinya: “Ya Allah, sampaikanlah kebaikan yang kami lakukan pada orang lain.”)

“Ya Allah, cukupkanlah rezeki kami dan jadikanlah puasa kami ini sebagai amal yang diterima oleh-Mu.” (Artinya: “Ya Allah, cukupkanlah rezeki kami dan jadikanlah puasa kami ini sebagai amal yang diterima oleh-Mu.”)

“Ya Allah, limpahkanlah ampunan dan rahmat-Mu kepada kami semua.” (Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah ampunan dan rahmat-Mu kepada kami semua.”)

“Ya Allah, terimalah amal ibadah puasa kami dan jadikanlah kami termasuk orang-orang yang beruntung.” (Artinya: “Ya Allah, terimalah amal ibadah puasa kami dan jadikanlah kami termasuk orang-orang yang beruntung.”)

“Ya Allah, jadikanlah bulan Ramadhan ini bulan kemenangan bagi kami dan semua umat-Mu.” (Artinya: “Ya Allah, jadikanlah bulan Ramadhan ini bulan kemenangan bagi kami dan semua umat-Mu.”)

Kesimpulan

Doa buka puasa merupakan salah satu doa yang dianjurkan oleh umat muslim. Doa ini berfungsi untuk memohon kepada Allah SWT agar puasa yang kita lakukan diterimaNya dan kita diberi keberkahan. Doa ini juga memiliki arti yang sangat dalam dan akan menambah pahala ibadah puasa yang kita lakukan.