Doa Buka Puasa Arab Latin dan Artinya
Doa Buka Puasa Arab Latin dan Artinya

Doa Buka Puasa Arab Latin dan Artinya

Berpuasa pada bulan Ramadan adalah salah satu amalan yang diwajibkan oleh agama Islam. Bagi umat Islam yang berpuasa, ada satu amalan yang harus dijalankan pada saat berbuka puasa, yaitu Doa Buka Puasa. Doa Buka Puasa adalah doa yang dibaca oleh umat Islam saat berbuka puasa. Doa ini biasanya dibaca dalam bahasa Arab Latin dan juga dalam bahasa Indonesia. Berikut ini adalah Doa Buka Puasa dalam bahasa Arab Latin dan artinya.

Doa Buka Puasa Arab Latin

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

Artinya

Dzahaba dz-dzama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah (Semoga Allah membuatkan kelapangan dan mengalirkan darah. Dan memperoleh pahala apabila Allah menghendaki).

Doa Buka Puasa Arab Latin Lainnya

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

Artinya

Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthartu (Ya Allah, aku berpuasa karena Engkau dan berbuka dengan rizki yang Engkau berikan).

Doa Buka Puasa Arab Latin Lainnya

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْنَا وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْنَا

Artinya

Allahumma inni as’aluka khayrahal wa khayra ma jabaltaha ‘alayna wa a’udzu bika min syarrihal wa syarri ma jabaltaha ‘alayna (Ya Allah, aku memohon kebaikan yang Engkau berikan dan aku berlindung kepada Mu dari kejahatan yang Engkau berikan).

Doa Buka Puasa Arab Latin Lainnya

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Artinya

Allahummaftah lii abwaaba rahmatika (Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmatmu).

Doa Buka Puasa Arab Latin Lainnya

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya

Bismillahilladzi laa yadurru ma’as-mihi syai-un fil ardhi wa laa fis samaa-i wa huwas-samee’ul ‘aleem (Dengan nama Allah yang bersama dengan nama-Nya tidak ada suatu apapun yang dapat membahayakan di bumi dan di langit, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui).

Doa Buka Puasa Arab Latin Lainnya

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وَأَطْعِمْنَا وَافْسَحْ لَنَا فِيهِ

Artinya

Allahumma baarik lanaa fiihi wa at’imnaa wa fasah lanaa fiihi (Ya Allah, berkahilah kami di bulan Ramadan ini, berikanlah makanan kepada kami dan mudahkanlah kami di bulan Ramadan ini).

Kesimpulan

Doa Buka Puasa adalah doa yang dibaca oleh umat Islam saat berbuka puasa. Doa Buka Puasa ini biasanya dibaca dalam bahasa Arab Latin dan juga dalam bahasa Indonesia. Setiap orang yang berpuasa, harus membaca Doa Buka Puasa ini untuk mengharapkan pahala dari Allah SWT. Doa Buka Puasa ini juga dapat dibaca ketika berbuka puasa bersama dengan keluarga.