Doa Berpuasa Beserta Artinya
Doa Berpuasa Beserta Artinya

Doa Berpuasa Beserta Artinya

Puasa adalah salah satu ibadah yang dilakukan umat muslim di seluruh dunia. Doa berpuasa adalah cara untuk menyebutkan Allah dan memohon ampunan-Nya. Doa berpuasa adalah salah satu cara untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah. Melalui doa berpuasa, kita dapat memohon perlindungan dan kekuatan dari Allah, serta mengingatkan kita tentang keterikatan kita dengan-Nya.

Doa berpuasa dalam bahasa Arab disebut dengan “Dua’a al-Sawm”. Doa ini telah dikumpulkan oleh para ulama dari hadits yang sahih dan diketahui oleh para sahabat Nabi Muhammad SAW. Doa berpuasa ini dilakukan ketika memulai puasa dan ketika berbuka. Berikut adalah doa berpuasa yang paling umum dan artinya.

Doa Memulai Puasa

Doa ini disebut ketika akan memulai puasa dan berbunyi sebagai berikut: “Allahumma inni laka sumtu wa bika amantu, wa alaika tawakkaltu wa ala Rizqika aftartu” (Ya Allah, aku berpuasa untuk-Mu dan beriman kepada-Mu, dan aku bertawakkal kepada-Mu dan aku berbuka dengan rezeki-Mu).

Doa ini bertujuan untuk menyatakan bahwa kita sedang berpuasa untuk mengharap ridha Allah dan untuk memohon perlindungan dan kekuatan dari-Nya. Dengan berpuasa, kita mengingatkan diri kita bahwa kita adalah hamba Allah yang sangat lemah dan bergantung pada-Nya.

Doa Berbuka Puasa

Ketika berbuka puasa, kita harus mengucapkan doa berikut: “Allahumma inni laka sumtu wa bika amantu, wa alaika tawakkaltu wa ala Rizqika aftartu, Allahumma ini adzabtuka min kulli birrin wa taqobbal minni, innaka antas Samee’ul ‘Alim” (Ya Allah, aku berpuasa untuk-Mu dan beriman kepada-Mu, dan aku bertawakkal kepada-Mu dan aku berbuka dengan rezeki-Mu. Ya Allah, ampuni aku atas semua kesalahanku dan terimalah permohonanku, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui).

Doa ini bertujuan untuk memohon ampunan dari Allah dan meminta-Nya untuk menerima pengampunan dan taubat kita. Doa ini juga mengingatkan kita bahwa Allah adalah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.

Doa Bacaan Ketika Berbuka Puasa

Ketika berbuka puasa, kita juga harus membaca doa berikut: “Allahumma law kana haadha Ramadan aamana wa saqiina lahu, fattakhizhu minni wa min kulli muslimin wa muslimati wa alayhim tawfiqun”. (Ya Allah, seandainya bulan Ramadan ini adalah bulan yang aman dan damai, maka berikanlah aku dan semua orang muslim (laki-laki dan perempuan) keberuntungan).

Doa ini bertujuan untuk meminta kepada Allah agar semua orang muslim diberikan keselamatan dan keberuntungan. Kita juga meminta kepada Allah agar bulan Ramadan menjadi bulan yang penuh dengan kebaikan dan kenikmatan.

Doa Bacaan Ketika Iftar

Ketika berbuka puasa, kita juga harus membaca doa berikut: “Allahumma inni as’aluka min khairi ma aataituka wa a’izzni bihi” (Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan yang Engkau berikan dan aku meminta perlindungan dengannya).

Doa ini bertujuan untuk memohon kepada Allah agar diberikan kebaikan dan perlindungan. Kita juga memohon agar Allah memberikan kekuatan dan kekuasaan kepada kita untuk menjalankan ibadah puasa dengan benar.

Doa Bacaan Setelah Berbuka Puasa

Setelah berbuka puasa, kita harus membaca doa berikut: “Allahumma inni a’udzu bika min ghalabatir rijal wa qahri nisaai wa sharril maa fi al-ard wa sharri maa fi anfusinaa” (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan laki-laki dan kekerasan perempuan, serta kejahatan yang ada di muka bumi dan kejahatan yang ada di dalam diri kita).

Doa ini bertujuan untuk memohon perlindungan kepada Allah dari segala bentuk kejahatan, baik yang berasal dari laki-laki maupun perempuan, dan juga dari segala bentuk kejahatan di muka bumi dan dalam diri kita.

Kesimpulan

Doa berpuasa adalah cara untuk menyebutkan Allah dan memohon ampunan-Nya. Doa ini juga bertujuan untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah, serta mengingatkan kita tentang keterikatan kita dengan-Nya. Doa berpuasa ini terdiri dari doa memulai puasa, doa berbuka, doa bacaan ketika berbuka, dan doa bacaan setelah berbuka. Dengan mengucapkan doa berpuasa, kita bisa memohon perlindungan dan kekuatan dari Allah, serta mengingatkan diri kita bahwa kita adalah hamba Allah yang sangat lemah dan bergantung pada-Nya.