Doa Berpergian dalam Berkendaraan Beserta Latin dan Artinya
Doa Berpergian dalam Berkendaraan Beserta Latin dan Artinya

Doa Berpergian dalam Berkendaraan Beserta Latin dan Artinya

Ketika kita akan berangkat, baik itu berpergian jauh maupun dekat, ada baiknya kita mengucapkan doa untuk berjalan dengan aman dan lancar. Hal ini karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di jalan, apakah kita akan selamat sampai tujuan atau tidak. Tidak ada yang salah dalam berdoa dan berharap semoga perjalanan kita aman. Dalam Islam, ada banyak doa yang dapat kita ucapkan saat berpergian. Berikut adalah beberapa doa berpergian dalam bahasa Latin beserta artinya.

Doa Berpergian dalam Berkendaraan

Doa berpergian yang paling umum dalam bahasa Latin adalah doa ini: “Subhanallahi walhamdulillah, wa la ilaha illallah, wa Allahu Akbar”. Artinya adalah “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, dan Allah Maha Agung”. Doa ini dapat dibaca saat berpergian dengan kendaraan apapun, baik itu mobil, motor, pesawat, kereta api, dan lainnya.

Selain itu, ada juga doa berikut yang dapat kita baca ketika berpergian dengan kendaraan: “Allahumma laka sumtu wa bika amantu wa alayka tawakkaltu wa ala rizq-ika aftartu”. Artinya adalah “Ya Allah, aku menyerahkan kehidupanku kepada-Mu, aku beriman kepada-Mu dan hanya kepada-Mu aku bertawakal, dan aku memohon rizki-Mu”.

Doa ini menunjukkan kepada Allah bahwa kita menyerahkan seluruh kehidupan kita kepada-Nya, bahwa kita mengandalkan-Nya untuk melindungi kita dan memberikan rizki kepada kita. Hal ini akan memberi kita keyakinan bahwa Allah akan melindungi kita di jalan.

Ada juga doa berikut yang dapat kita baca ketika berpergian dengan kendaraan: “Allahumma inni a’udzu bika minal-awwalina wa al-akhirina wa a’udzu bika minal-qabriina wa al-mautiina”. Artinya adalah “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari segala yang pertama dan terakhir dan aku berlindung kepada-Mu dari kematian dan kebangkitan”.

Doa ini menunjukkan kepada Allah bahwa kita berharap agar Ia melindungi kita dari segala hal yang buruk, baik di dunia maupun di akhirat. Kita juga berharap agar Allah melindungi kita dari kematian dan kebangkitan.

Selain itu, ada juga doa berikut yang dapat kita baca ketika berpergian dengan kendaraan: “Allahumma inni a’udzu bika minal-jubni wa al-harami wa a’udzu bika minal-jaheemi wa al-qatli”. Artinya adalah “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari segala kecelakaan dan kejahatan dan aku berlindung kepada-Mu dari segala bencana dan pembunuhan”.

Doa ini menunjukkan kepada Allah bahwa kita berharap agar Ia melindungi kita dari segala bentuk kecelakaan dan kejahatan yang mungkin terjadi. Kita juga berharap agar Allah melindungi kita dari segala bentuk bencana dan pembunuhan.

Doa Selesai Perjalanan

Tidak hanya saat berangkat, kita juga harus mengucapkan doa ketika selesai perjalanan. Doa berikut dapat kita baca ketika sudah sampai tujuan: “Alhamdulillahi rabbi al-‘alameen wa bihurmati sayyidina Muhammadin wa ala aalihi wa asahbihi wa sallam”. Artinya adalah “Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam dan dengan kemuliaan Nabi Muhammad dan keluarga dan sahabatnya”.

Doa ini mengucapkan syukur kita kepada Allah atas perlindungan-Nya selama perjalanan. Kita juga berterima kasih kepada Allah atas segala anugerah-Nya kepada kita selama perjalanan.

Kesimpulan

Doa merupakan cara yang baik untuk memohon perlindungan kepada Allah ketika kita berpergian. Dalam Islam, ada banyak doa berpergian yang dapat dibaca saat berpergian dengan kendaraan. Doa ini dapat menjadi cara yang baik untuk meminta perlindungan dan rizki kepada Allah agar perjalanan kita aman dan selamat sampai tujuan.

Penutup

Ketika kita berpergian, baik itu jauh atau dekat, ada baiknya kita mengucapkan doa-doa berpergian yang telah disebutkan di atas. Doa-doa ini akan memberi kita keyakinan bahwa Allah akan melindungi kita di jalan dan memberi kita rizki yang cukup. Semoga Allah selalu memberikan perlindungan-Nya kepada kita.