Doa Berpakaian Latin dan Artinya
Doa Berpakaian Latin dan Artinya

Doa Berpakaian Latin dan Artinya

Doa berpakaian Latin adalah bentuk doa yang berasal dari Gereja Katolik. Doa berpakaian Latin memiliki gaya bahasa yang dipengaruhi oleh bahasa Latin. Bahasa Latin digunakan sebagai bahasa resmi Gereja Katolik sebelum bahasa Inggris menjadi bahasa resmi. Doa berpakaian Latin adalah cara bagi Gereja Katolik untuk menyampaikan pesan dan doa yang diajarkan oleh Yesus Kristus. Meskipun bahasa Latin sudah tidak lagi digunakan sebagai bahasa resmi Gereja Katolik, namun doa berpakaian Latin tetap digunakan oleh kelompok orang yang menghormati tradisi Gereja Katolik. Berikut adalah beberapa doa berpakaian Latin dan artinya.

1. Ave Maria

Doa Ave Maria adalah doa yang paling populer di Gereja Katolik. Doa ini merupakan salah satu doa yang diajarkan oleh Yesus kepada Maria, ibu-Nya. Doa ini biasanya digunakan sebelum atau sesudah melakukan sesuatu, sebagai tanda penghormatan terhadap Maria. Doa ini juga sering digunakan di Gereja Katolik, baik di saat pembacaan Injil, maupun ketika merenungkan peristiwa di dalam Injil. Doa Ave Maria adalah “Ave Maria, gratia plena, Dominus tecum. Benedicta tu in mulieribus, et benedictus fructus ventris tui, Jesus.” Artinya adalah: “Hai Maria, berbahagialah engkau di antara wanita, dan berbahagialah buah perutmu, Yesus.”

2. Sub Tuum Praesidium

Sub Tuum Praesidium adalah doa yang digunakan untuk memohon perlindungan dan keselamatan. Doa ini digunakan oleh banyak orang untuk berdoa kepada Tuhan agar mereka terlindungi dari bahaya dan kejahatan. Doa ini juga digunakan untuk meminta keselamatan dan pertolongan di saat mereka dalam kesulitan. Doa Sub Tuum Praesidium adalah “Sub tuum praesidium confugimus, Sancta Dei Genitrix. Nostras deprecationes ne despicias in necessitatibus, sed a periculis cunctis libera nos semper, Virgo gloriosa et benedicta.” Artinya adalah: “Kepada perlindunganmu kami berlindung, Ibu Allah yang suci. Janganlah engkau mengabaikan permohonan kami dalam kesulitan, melainkan selalu lindungilah kami dari segala bahaya, hai Bunda yang mulia dan terberkati.”

3. Oratio Sancti Francisci

Doa Oratio Sancti Francisci merupakan salah satu doa yang dikarang oleh Santo Fransiskus d’Assisi. Doa ini digunakan untuk mengungkapkan rasa syukur dan berterima kasih atas berkat yang telah diberikan oleh Tuhan. Doa ini juga digunakan untuk memohon dukungan dan pertolongan Tuhan dalam menghadapi masalah dan kesulitan. Doa Oratio Sancti Francisci adalah “Laudato si, mi Signore, per sora nostra matre Terra, la quale ne sustenta et gouerna, et produce diuite fructe con colorite flori et herba.” Artinya adalah: “Muliailah Engkau, Tuhanku, melalui saudaramu, Ibu Bumi kami, yang menopang dan memerintah kami, serta memproduksi berbagai buah-buahan yang beragam, dengan bunga yang berwarna-warni dan rumput yang hijau.”

4. Pater Noster

Pater Noster adalah salah satu doa yang paling populer di Gereja Katolik. Doa ini merupakan salah satu doa yang diajarkan oleh Yesus Kristus kepada murid-muridnya. Doa ini digunakan untuk memohon kasih sayang dan pertolongan Tuhan. Doa Pater Noster adalah “Pater noster, qui es in caelis, sanctificetur nomen tuum. Adveniat regnum tuum. Fiat voluntas tua, sicut in caelo et in terra. Panem nostrum quotidianum da nobis hodie, et dimitte nobis debita nostra sicut et nos dimittimus debitoribus nostris.” Artinya adalah: “Bapa kami yang ada di surga, disembahlah nama-Mu. Datangilah kerajaan-Mu. Jadilah kehendak-Mu, seperti di surga maupun di bumi. Berilah kami roti kesukaan kami setiap hari, dan ampunilah kami atas dosamu, sebagaimana kami pun mengampuni orang yang berdosa kepada kami.”

5. Te Deum

Doa Te Deum adalah doa yang biasanya digunakan untuk mengungkapkan syukur kepada Tuhan atas berkat-berkat dan anugerah-anugerah yang telah diberikan-Nya. Doa ini juga digunakan untuk memohon pertolongan dan kuasa Tuhan dalam menghadapi masalah dan kesulitan. Doa Te Deum adalah “Te Deum laudamus: te Dominum confitemur. Te aeternum Patrem omnis terra veneratur. Tibi omnes angeli, tibi caeli et universae potestates: tibi cherubim et seraphim incessabili voce proclamant: Sanctus, Sanctus, Sanctus, Dominus Deus Sabaoth.” Artinya adalah: “Kami memuji Engkau, Tuhan; kami mengakui Engkau, Tuhan. Seluruh bumi menyembah Engkau, Tuhan yang kekal. Semua malaikat, langit dan seluruh kuasa berseru-seru kepada Engkau: Maha Suci, Maha Suci, Maha Suci, Tuhan Allah Sabaoth.”

6. Gloria Patri

Doa Gloria Patri adalah doa yang sering digunakan di Gereja Katolik untuk memuji dan menyembah Tuhan. Doa ini juga digunakan untuk mengungkapkan rasa syukur atas berkat dan anugrah yang telah diberikan-Nya. Doa ini juga digunakan untuk memohon perlindungan dan pertolongan Tuhan di saat mereka berada dalam kesulitan. Doa Gloria Patri adalah “Gloria Patri, et Filio, et Spiritui sancto. Sicut erat in principio, et nunc, et semper, et in saecula saeculorum. Amen.” Artinya adalah: “Muliailah Bapa, dan Anak, dan Roh Kudus. Seperti yang ada di awal, dan juga sekarang, dan selama-lamanya, sampai segala abad. Amin.”