Doa Berkurban Beserta Artinya
Doa Berkurban Beserta Artinya

Doa Berkurban Beserta Artinya

Berkurban merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan oleh agama Islam. Ibadah ini sudah dilakukan sejak zaman nabi Ibrahim AS hingga kini. Berkurban juga dilakukan oleh umat Islam untuk menyatakan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat-nikmat yang diberikan. Terkadang, berkurban dilakukan untuk meminta kesembuhan dari sakit yang dihadapi. Selain itu, melalui berkurban juga disampaikan rasa penghargaan terhadap sesama manusia. Oleh sebab itu, sebelum melakukan ibadah berkurban, sebaiknya kita mengetahui doa berkurban beserta artinya.

Doa berkurban yang paling dikenal adalah “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Laa ilaaha illallah, wa Allahu Akbar, Allahu Akbar wa Lillahi-lhamd”. Doa ini dibacakan saat berkurban. Artinya, “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada yang berhak disembah selain Allah, dan Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, dan segala puji bagi Allah.”

Selain itu, doa berkurban juga bisa dibaca dengan kalimat berikut: “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, wa lillahi-lhamd. Wallahu Akbar, Allahu Akbar, kamaa huwa fii ‘ulumil wa ahli”. Artinya, “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, dan segala puji bagi Allah. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam ilmu-Nya dan kebijaksanaan-Nya.”

Doa berkurban juga bisa dibaca dengan kalimat sebagai berikut: “Laa ilaaha illallah, wa Allahu Akbar, Allahu Akbar, wa Lillahi-lhamd. Alhamdulillahilladzi ja’ala lanaa minal muslimiin”. Artinya, “Tidak ada yang berhak disembah selain Allah, dan Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, dan segala puji bagi Allah. Segala puji bagi Allah yang telah memberi kita kehormatan menjadi orang-orang yang beriman.”

Selain itu, doa berkurban juga bisa dibaca dengan kalimat sebagai berikut: “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Wa lillahi-lhamd. Wallahu Akbar, Allahu Akbar, kamaa huwa fi ‘ulumil wa ahli. Inna Lillahi wa inna ilaihi rooji’un”. Artinya, “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan segala puji bagi Allah. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam ilmu-Nya dan kebijaksanaan-Nya. Sesungguhnya kami datang dari Allah dan kepada-Nya kami kembali.”

Doa berkurban juga bisa dibaca dengan kalimat sebagai berikut: “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Wa lillahi-lhamd. Wallahu Akbar, Allahu Akbar, wa lillahi-lhamd. Wa lillahi-lhamd. Alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin”. Artinya, “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan segala puji bagi Allah. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan segala puji bagi Allah. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

Doa berkurban juga bisa dibaca dengan kalimat berikut: “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Wa lillahi-lhamd. Wallahu Akbar, Allahu Akbar, wa lillahi-lhamd. Wa lillahi-lhamd. Bismillahi wa bihi nastain”. Artinya, “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan segala puji bagi Allah. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan segala puji bagi Allah. Segala puji bagi Allah. Dengan nama Allah, dan dengan bantuan-Nya.”

Adapun doa berkurban yang bisa dibaca ketika sedang memotong hewan korban adalah “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Wa lillahi-lhamd. Wallahu Akbar, Allahu Akbar, wa lillahi-lhamd. Wa lillahi-lhamd. Bismillahi wa bihi nastain”. Artinya, “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan segala puji bagi Allah. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan segala puji bagi Allah. Segala puji bagi Allah. Dengan nama Allah, dan dengan bantuan-Nya.”

Dari semua doa berkurban di atas, terlihat bahwa kepada Allah SWT kita harus bersyukur atas nikmat-nikmat yang diberikan. Selain itu, melalui berkurban kita juga dapat menyampaikan rasa penghargaan kepada sesama manusia. Oleh sebab itu, sebelum melakukan ibadah berkurban, sebaiknya kita mengetahui doa berkurban beserta artinya.

Kesimpulan

Berkurban merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan oleh agama Islam. Berkurban dilakukan oleh umat Islam untuk menyatakan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat-nikmat yang diberikan. Selain itu, melalui berkurban juga disampaikan rasa penghargaan terhadap sesama manusia. Sebelum melakukan ibadah berkurban, sebaiknya kita mengetahui doa berkurban beserta artinya, seperti “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Laa ilaaha illallah, wa Allahu Akbar, Allahu Akbar wa Lillahi-lhamd”. Dengan mengetahui doa berkurban beserta artinya, kita akan lebih menghargai ibadah berkurban dan memiliki keyakinan yang lebih kuat dalam beribadah.