Doa Berhenti Hujan dan Artinya
Doa Berhenti Hujan dan Artinya

Doa Berhenti Hujan dan Artinya

Suatu saat, kita pasti memerlukan doa berhenti hujan. Apalagi saat hujan yang datang tak terelakan, mengganggu jadwal pekerjaan atau rencana kita. Mungkin itulah sebabnya mengapa doa berhenti hujan itu penting. Dengan doa yang tepat, kita bisa mohon agar hujan berhenti dan kita bisa melanjutkan aktivitas kita.

Doa berhenti hujan adalah doa yang biasa diucapkan oleh orang-orang beriman. Doa berhenti hujan merupakan doa yang diucapkan ketika hujan datang tiba-tiba atau tanpa diduga. Doa berhenti hujan ini berfungsi untuk mengharapkan agar hujan berhenti, sehingga aktivitas kita tidak terganggu. Doa berhenti hujan biasanya diamalkan oleh orang-orang yang menghormati dan menghargai kekuatan Tuhan.

Doa Berhenti Hujan dan Artinya

Doa berhenti hujan adalah doa yang berasal dari kitab suci Al-Quran. Doa berhenti hujan biasanya diucapkan ketika kita merasa sangat terganggu dengan hujan yang tiba-tiba datang dan melanda tempat kita. Doa berhenti hujan adalah doa yang memohon agar Tuhan memberikan petunjuk dan pertolongan untuk menghentikan hujan yang datang tanpa diduga. Berikut adalah beberapa doa berhenti hujan beserta artinya.

1. Doa Berhenti Hujan Berdasarkan Al-Quran

“Ya Allah, jika Engkau Maha Pemurah, berikanlah hujan (di tempat) yang kami inginkan dan janganlah Engkau berikan hujan (di tempat) yang kami benci”. (QS. Al-A’raf: 57). Artinya, “Ya Allah, jika Engkau Maha Pemurah, kirimkanlah hujan di tempat yang kami inginkan dan janganlah Engkau berikan hujan di tempat yang tidak kami inginkan”.

2. Doa Berhenti Hujan yang Umum Diamalkan

“Ya Allah, berhentilah hujanmu, jangan hujan yang lebat-lebat, janganlah hujan yang mengguyur”. Artinya, “Ya Allah, berhentilah hujanmu, jangan hujan yang lebat-lebat, jangan hujan yang mengguyur”.

3. Doa Berhenti Hujan yang Sering Diucapkan

“Ya Allah, baiklah engkau berhentikan hujanmu, janganlah hujan yang berbisa dan janganlah hujan yang mengguyur”. Artinya, “Ya Allah, baiklah Engkau berhentikan hujanmu, janganlah hujan yang berbisa dan janganlah hujan yang mengguyur”.

4. Doa Berhenti Hujan Berdasarkan Hadits Nabi

“Ya Allah, jangan Engkau berikan kepada kami hujan yang bertubi-tubi atau yang terus menerus”. (HR. Bukhari). Artinya, “Ya Allah, jangan Engkau berikan kepada kami hujan yang bertubi-tubi atau yang terus menerus”.

Kesimpulan

Doa berhenti hujan adalah doa yang biasa diucapkan oleh orang-orang beriman. Doa berhenti hujan memohon agar Tuhan memberikan petunjuk dan pertolongan untuk menghentikan hujan yang datang tanpa diduga. Doa berhenti hujan berasal dari kitab suci Al-Quran dan hadits Nabi. Dengan doa yang tepat, kita bisa mohon agar hujan berhenti dan kita bisa melanjutkan aktivitas kita.