Doa Berbuka Puasa Tulisan Arab dan Artinya
Doa Berbuka Puasa Tulisan Arab dan Artinya

Doa Berbuka Puasa Tulisan Arab dan Artinya

Umat muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa Ramadhan sebagai salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan. Puasa menjadi kewajiban setiap umat muslim untuk menjalankan ibadah ini, dan salah satu doanya adalah doa berbuka puasa. Doa berbuka puasa ini juga dituliskan dalam bahasa Arab, dan artinya pun juga tersedia.

Tulisan Arab Doa Berbuka Puasa

Doa berbuka puasa dalam bahasa Arab adalah “Dhohaa’ al-Masy, A’oozu bi-Rab-bil-Falaq, Nasy-syaddu wa-na’udzu bi-Rab-bin-Naas”. Doa ini terdiri dari tiga bagian, yang masing-masing berarti “Aku memohon ampun dari Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Aku berlindung dengan Allah Yang Maha Perkasa, dan Aku memohon perlindungan dari Allah Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang”.

Arti Doa Berbuka Puasa

Doa berbuka puasa ini memiliki arti yang sangat dalam. Artinya adalah “Aku memohon ampunan dari Allah, yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Perkasa, dan Aku memohon perlindungan dari Allah Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang.” Dengan demikian, setiap umat muslim yang berpuasa diwajibkan untuk membaca doa berbuka puasa dan mengingat artinya.

Kapan Doa Berbuka Puasa Dibaca?

Doa berbuka puasa ini biasanya dibaca saat berbuka puasa. Umat muslim dianjurkan untuk membaca doa ini ketika berbuka puasa dengan makanan yang telah disediakan. Membaca doa berbuka puasa ini juga merupakan salah satu cara untuk memperbanyak ibadah dan meningkatkan keimanan kepada Allah.

Doa Berbuka Puasa dan Hadistnya

Doa berbuka puasa ini dapat ditemukan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, sabda Rasulullah SAW: “Jika seseorang berbuka puasa, maka ia harus membaca doa berbuka puasa ini: ‘Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan kepada-Mu dan berlindung kepada-Mu.’” (HR. Al-Bukhari). Dengan demikian, doa berbuka puasa ini diwajibkan untuk dibaca setiap umat muslim yang berpuasa.

Keutamaan Doa Berbuka Puasa

Selain menjadi rukun ibadah puasa, membaca doa berbuka puasa juga memiliki banyak keutamaan. Salah satu keutamaannya adalah Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang berbuka puasa dengan doa ini, maka Allah akan mengampuni dosanya yang telah lalu”. (HR. Ahmad). Dengan demikian, membaca doa berbuka puasa ini menjadi salah satu cara untuk memperoleh ampunan dari Allah SWT.

Doa Berbuka Puasa dalam Al-Quran

Selain hadist, doa berbuka puasa ini juga dapat ditemukan dalam Al-Quran. Di dalam surat Al-Maidah ayat 114, Allah berfirman: “Maka diperbanyaklah sebanyak-banyaknya bacaan doamu (sebelum berbuka puasa).” Dengan demikian, membaca doa berbuka puasa juga diwajibkan oleh Allah, karena menurut Al-Quran, membaca doa dengan banyak dapat memperoleh ampunan dari Allah.

Kesimpulan

Doa berbuka puasa adalah salah satu rukun ibadah puasa yang diwajibkan oleh umat muslim. Doa ini dituliskan dalam bahasa Arab, dan artinya adalah “Aku memohon ampun dari Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Aku berlindung dengan Allah Yang Maha Perkasa, dan Aku memohon perlindungan dari Allah Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang”. Doa ini telah disebutkan dalam hadist dan juga Al-Quran, sehingga umat muslim diwajibkan untuk membaca doa berbuka puasa ini setiap kali berbuka puasa.