Doa Berbuka Puasa Ramadhan Beserta Artinya
Doa Berbuka Puasa Ramadhan Beserta Artinya

Doa Berbuka Puasa Ramadhan Beserta Artinya

Ramadhan adalah salah satu bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat-umat muslim di seluruh dunia. Bulan ini menjadi bulan yang paling istimewa karena di bulan ini orang-orang menjalankan ibadah puasa dengan sungguh-sungguh. Melalui puasa, orang-orang akan menjadi lebih bertakwa kepada Allah SWT. Selain itu, puasa juga membawa banyak manfaat lainnya, seperti meningkatkan kesabaran dan kemampuan untuk bersabar dalam menghadapi setiap masalah.

Selain puasa, salah satu ritual yang paling penting adalah berbuka puasa. Biasanya, berbuka puasa dilakukan di waktu maghrib. Saat berbuka puasa, orang-orang biasanya akan melakukan doa yang disebut dengan doa berbuka puasa. Doa ini sangat bermanfaat bagi mereka yang melakukannya karena doa ini membawa banyak barokah dan berkah dari Allah SWT.

Doa berbuka puasa merupakan sebuah doa yang diucapkan setiap saat orang-orang berbuka puasa. Doa berbuka puasa juga sering disebut dengan doa iftitah. Doa ini biasanya dimulai dengan mengucapkan “Allahumma laka sumtu wa ‘ala rizqika aftartu”. Doa ini berarti “Ya Allah, dengan rizki-Mu aku berbuka puasa”. Berikut adalah doa berbuka puasa beserta artinya yang dapat anda ucapkan saat berbuka puasa:

Doa Berbuka Puasa Ramadhan Beserta Artinya

1. Allahumma laka sumtu wa ‘ala rizqika aftartu (“Ya Allah, dengan rizki-Mu aku berbuka puasa”)

2. Dzomiran syabrun bihamdihi wa sayyidina Muhammadin abdihi wa rasulih (“Pujaan hatiku dengan memuji-Mu, dan Muhammad adalah hamba-Mu dan utusan-Mu”)

3. Allahumma inni laka sumtu wa bika aamantu wa ‘ala rizqika aftartu (“Ya Allah, aku berbuka puasa dengan rizki-Mu dan aku beriman kepada-Mu”)

4. Allahumma inni as’aluka al-jannah (“Ya Allah, aku memohon surga-Mu”)

5. Allahumma inni as’aluka min fadhlika wa rahmatika wa maghfiratika (“Ya Allah, aku memohon kemurahan, rahmat, dan ampunan-Mu”)

6. Allahumma ini as’aluka al-amal maqbulatu (“Ya Allah, aku memohon amal yang diterima-Mu”)

7. Allahumma inni as’aluka an taj’alal qur’ana rabee qalbi wa noor sadri wa jalaa huzni (“Ya Allah, aku memohon agar Engkau menjadikan Al-Quran sebagai pemimpin di dalam hati, sumber cahaya di dalam dada, dan menghilangkan kesedihan”)

8. Allahumma inni as’aluka an taj’alal qur’ana haudhu wa hujjatul liwailayi wa maa li qablika (“Ya Allah, aku memohon agar Engkau menjadikan Al-Quran sebagai tempat berlindung dan alasan bagi orang-orang sebelum kita”)

9. Allahumma inni as’aluka an tahdini wa tarhamni wa tajwilni wa tajri bihil uqodu wa tarfaini bihamdik (“Ya Allah, aku memohon agar Engkau menerangkan, merahmatiku, melembutkanku, mempercepat rezeki, dan membalas pujaan-pujaanku kepada-Mu”)

10. Allahumma inni as’aluka an tahhirni minal khotimati wal kufri wal fasadi wal ghammi wal ‘ajzi wal kasali wa taqdi lana bihi bihamdika (“Ya Allah, aku memohon agar Engkau menyucikan hatiku dari segala kesombongan, kekafiran, kerusakan, kemuraman, keegoisan, dan kemalasan dan Engkau menghidupkan hati kami dengan memuji-Mu”)

Kesimpulan

Doa berbuka puasa Ramadhan beserta artinya merupakan doa yang sangat istimewa dan bermanfaat bagi orang-orang yang melakukannya. Doa ini juga akan membantu mereka untuk lebih dekat dengan Allah SWT dan mendapat berkah dari-Nya. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mengucapkan doa berbuka puasa saat berbuka puasa di bulan Ramadhan.