Doa Berbuka Puasa Lengkap dengan Artinya
Doa Berbuka Puasa Lengkap dengan Artinya

Doa Berbuka Puasa Lengkap dengan Artinya

Ramadhan tiba dan bersamaan dengan itu, banyak orang yang melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Puasa adalah ibadah yang sangat mulia yang disyariatkan oleh Allah SWT dan wajib bagi setiap muslim. Di bulan Ramadhan, umat muslim wajib berpuasa selama satu bulan penuh, yaitu dari subuh hingga terbenamnya matahari. Namun, setelah berpuasa seharian, maka kita harus berbuka puasa agar ibadah puasanya dapat diterima oleh Allah SWT.

Berbuka puasa adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim setelah berpuasa selama seharian penuh. Tentu saja, dalam berbuka puasa, kita juga harus mengucapkan doa berbuka puasa. Doa ini berfungsi untuk memohon ampun dan ridho Allah SWT untuk ibadah puasa yang telah kita lakukan.

Doa Berbuka Puasa

Berikut adalah doa berbuka puasa lengkap dengan artinya:

اَللَّهُمَّ اِنِّى لَكَ صُمْتُ وَبِكَ اُمِرْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ اَفْطَرْتُ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berpuasa karena Engkau, aku berbuka karena perintah-Mu dan aku bertawakal kepada-Mu dalam hal rezeki yang Engkau berikan kepadaku.”

Doa berbuka puasa di atas sangat mudah diingat dan juga dapat dengan mudah diucapkan. Selain itu, doa ini adalah doa yang direkomendasikan oleh para ulama agar dibaca setiap kali berbuka puasa. Dengan mengucapkan doa ini, kita dapat mengajak Allah SWT untuk mengampuni dosa-dosa kita selama berpuasa dan memohon ampun dan ridho-Nya.

Selain doa di atas, kita juga bisa membaca doa berikut ini:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِى وَسِعَتْ كُلَّ شَىْءٍ أَنْ تَغْفِرَ لِى

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, agar Engkau mengampuni aku.”

Kesimpulan

Doa berbuka puasa di atas merupakan doa yang direkomendasikan oleh para ulama agar dibaca setiap kali berbuka puasa. Dengan mengucapkan doa ini, kita dapat mengajak Allah SWT untuk mengampuni dosa-dosa kita selama berpuasa dan memohon ampun dan ridho-Nya. Doa ini juga sangat mudah diingat dan diucapkan. Semoga Allah SWT menerima ibadah puasa kita dan memberikan segala bentuk kebaikan dan keberkahan kepada kita.

Kesimpulan

Doa berbuka puasa adalah kewajiban yang wajib dilakukan oleh setiap muslim setelah berpuasa selama seharian penuh. Doa berbuka puasa yang direkomendasikan oleh para ulama adalah doa yang mudah diingat dan diucapkan. Dengan mengucapkan doa berbuka puasa, kita dapat mengajak Allah SWT untuk mengampuni dosa-dosa kita selama berpuasa dan memohon ampun dan ridho-Nya. Semoga Allah SWT menerima ibadah puasa kita dan memberikan segala bentuk kebaikan dan keberkahan kepada kita.