Doa Berbuka Puasa dan Artinya Menurut Hadits Shahih
Doa Berbuka Puasa dan Artinya Menurut Hadits Shahih

Doa Berbuka Puasa dan Artinya Menurut Hadits Shahih

Sebagai umat Islam, kita diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa setiap bulan Ramadhan. Di dalam melaksanakan ibadah puasa, kita dianjurkan untuk membaca doa berbuka puasa sebagai bentuk taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah SWT. Doa berbuka puasa yang dimaksud disini adalah sebuah doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Dengan membaca doa ini, kita diharapkan bisa mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah SWT.

Doa berbuka puasa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW berdasarkan hadis shahih adalah sebagai berikut: “Allahumma inni laka sumut wa bika aamantu wa alaikar rahmantu. Allahumma inni as-alukal-afwa wal-‘afiyata fid-dunya wal-akhirati. Allahumma inni as-aluka rizqal-halal wa ‘afiyatal-qolubi wa ‘afiyatad-dunya wa ‘afiyatal-akhirati.”

Arti Doa Berbuka Puasa Menurut Hadis Shahih

Doa berbuka puasa yang terdapat di dalam hadis shahih ini memiliki arti dalam bahasa Indonesia sebagai berikut: “Ya Allah, sesungguhnya aku berpuasa di hadapan-Mu dan aku beriman kepada-Mu. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ampunan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu rezeki yang halal, keselamatan jiwa, keselamatan di dunia dan keselamatan di akhirat.”

Ketentuan Membaca Doa Berbuka Puasa Menurut Hadits Shahih

Menurut hadits shahih, sebaiknya kita membaca doa berbuka puasa dengan berdiri dan menghadap kiblat. Jika saat membaca doa berbuka puasa kita duduk, maka hal tersebut dapat diterima. Namun, jika kita membaca doa berbuka puasa dengan berbaring, maka hal tersebut tidak dapat diterima oleh Allah SWT. Sebaiknya juga kita berusaha untuk mencari tempat yang paling bersih untuk membaca doa tersebut.

Selain itu, ada juga beberapa ketentuan lain yang harus kita patuhi saat membaca doa berbuka puasa menurut hadits shahih. Kita harus mengucapkan doa berbuka puasa dengan ikhlas dan tulus. Kita juga harus menghadirkan hati dan pikiran kita saat membaca doa berbuka puasa tersebut. Jika kita dalam keadaan tertawa saat membaca doa berbuka puasa, maka hal tersebut tidak dapat diterima oleh Allah SWT.

Keutamaan Membaca Doa Berbuka Puasa Menurut Hadits Shahih

Ada beberapa keutamaan yang bisa kita dapatkan jika kita membaca doa berbuka puasa menurut hadits shahih. Salah satunya adalah kita akan mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah SWT. Selain itu, kita juga akan mendapatkan keberkahan dan keberuntungan dari Allah SWT. Allah SWT juga akan melipatgandakan pahala kita sebagai balasan atas usaha kita untuk membaca doa berbuka puasa tersebut.

Kita juga akan mendapatkan perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT. Allah SWT juga akan melindungi kita dari berbagai bentuk bencana dan musibah. Dengan membaca doa berbuka puasa menurut hadits shahih ini, kita juga akan mendapatkan kebahagiaan dan keberkahan di dunia dan di akhirat. Kita juga akan diijinkan masuk surga oleh Allah SWT.

Cara Membaca Doa Berbuka Puasa Menurut Hadits Shahih

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat membaca doa berbuka puasa menurut hadits shahih. Pertama, kita harus membaca doa berbuka puasa dengan tulus dan ikhlas. Kita juga harus menghadirkan hati dan pikiran kita saat membaca doa berbuka puasa tersebut. Selain itu, kita juga harus membaca doa berbuka puasa dengan suara yang jelas agar doa tersebut diterima oleh Allah SWT.

Kedua, kita harus menghadap kiblat saat membaca doa berbuka puasa. Jika kita tidak dapat berdiri saat membaca doa tersebut, maka kita boleh membaca doa tersebut dengan duduk. Namun, jika kita membaca doa berbuka puasa dengan berbaring, maka hal tersebut tidak dapat diterima oleh Allah SWT. Kita juga harus memilih tempat yang paling bersih untuk membaca doa berbuka puasa tersebut.

Kesimpulan

Doa berbuka puasa menurut hadits shahih adalah sebuah doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini memiliki arti yang berkenaan dengan memohon ampunan, keselamatan, rezeki yang halal bagi umat Islam. Ketika membaca doa berbuka puasa menurut hadits shahih, kita harus membaca doa tersebut dengan tulus dan ikhlas serta menghadap kiblat. Dengan membaca doa berbuka puasa ini, kita akan mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah SWT.