Doa Berbuka Puasa dan Artinya
Doa Berbuka Puasa dan Artinya

Doa Berbuka Puasa dan Artinya

Berpuasa adalah salah satu ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Saat berpuasa, kita diharapkan untuk menahan diri dari makan dan minum dari sebelum matahari terbit hingga terbenam. Untuk mengakhiri puasa, kita harus berbuka dengan melakukan doa tertentu. Doa berbuka puasa dan artinya dapat kita pelajari sebagai berikut.

Doa Berbuka Puasa yang Dibaca Sebelum Makan

Doa yang dibaca sebelum makan adalah doa yang berfungsi untuk mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang diberikan-Nya. Doa berbuka puasa yang dibaca sebelum makan adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya: Dengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Doa Berbuka Puasa yang Dibaca Setelah Makan

Doa yang dibaca setelah makan adalah doa yang berfungsi untuk memohon ampunan dan limpahan keberkahan kepada Allah SWT. Doa berbuka puasa yang dibaca setelah makan adalah sebagai berikut:

الَّذِينَ آمَنُواْ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلاَ بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Artinya: (Yaitu) orang-orang yang beriman, yang hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.

Doa Berbuka Puasa yang Dibaca Setelah Selesai Makan

Doa yang dibaca setelah selesai makan adalah doa yang berfungsi untuk memohon kepada Allah SWT agar puasa kita dihargai dan diterima. Doa berbuka puasa yang dibaca setelah selesai makan adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ أَنْ تَغْفِرَ لِي وَتَرْحَمَنِي وَتُبَارِكَ لِي فِي صِيَامِي وَأَكْلِي

Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, agar Engkau memberikan ampunan kepadaku, memberi kasih sayang kepadaku dan memberkahi puasaku dan makanku.

Doa Berbuka Puasa yang Dibaca Setelah Memperbanyak Istighfar

Doa yang dibaca setelah memperbanyak istighfar adalah doa yang berfungsi untuk memohon kepada Allah SWT agar puasa kita diterima dan diberkahi. Doa berbuka puasa yang dibaca setelah memperbanyak istighfar adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ، أَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ أَنْ تَغْفِرَ لِي وَتُرْحَمَنِي إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Artinya: Ya Allah, segala puji bagi-Mu dan segala syukur kepada-Mu. Aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, agar Engkau memberikan ampunan kepadaku dan memberi kasih sayang kepadaku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Doa Berbuka Puasa yang Dibaca Setelah Menyelesaikan Shalat Tarawih

Doa yang dibaca setelah menyelesaikan shalat tarawih adalah doa yang berfungsi untuk memohon kepada Allah SWT agar puasa kita diterima dan diberkahi. Doa berbuka puasa yang dibaca setelah menyelesaikan shalat tarawih adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَآخِرَتِي، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَآخِرَتِي، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَمَا يُقَرِّبُنِي إِلَيْهَا مِنْ عَمَلٍ صَالِحٍ

Artinya: Ya Allah, aku memohon perlindungan dalam agama, dunia dan akhiratku. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ampunan dan perlindungan dalam ag