Doa Berbuka Puasa Arab Beserta Artinya
Doa Berbuka Puasa Arab Beserta Artinya

Doa Berbuka Puasa Arab Beserta Artinya

Doa berbuka puasa adalah salah satu bentuk ibadah yang dilakukan para umat muslim. Setiap orang yang berpuasa mesti melakukan doa berbuka puasa ini. Doa berbuka puasa tersebut berasal dari bahasa Arab dan memiliki arti yang tersirat di dalamnya. Doa berbuka puasa ini juga dapat meningkatkan tingkat ketaqwaan seseorang terhadap Allah SWT.

Doa Berbuka Puasa Arab Beserta Artinya

Doa berbuka puasa Arab dapat dibaca sebagai berikut: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ افْطَرْتُ. Artinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ya Allah, sesungguhnya aku berpuasa karenaMu dan aku berbuka puasa dengan rahmatMu.”

Makna Doa Berbuka Puasa Arab

Doa berbuka puasa Arab ini memiliki makna dalam penyampaiannya. Dikatakan bahwa dengan berpuasa, seseorang telah menjalankan ibadah kepada Allah SWT. Dengan demikian, ketika berbuka puasa, seseorang telah menyelesaikan ibadahnya dengan menyebut nama Allah. Jadi, dengan menyebut nama Allah, seseorang ingin meminta rahmat dari-Nya. Dengan melakukan doa berbuka puasa ini, maka seseorang akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Hikmah Doa Berbuka Puasa Arab

Hikmah dari doa berbuka puasa Arab adalah untuk memperbanyak zikir dan menyebut nama Allah SWT. Dengan mengingat Allah SWT setelah berpuasa, maka seseorang dapat mendekatkan diri kepada-Nya. Selain itu, hikmah lainnya adalah untuk mengingatkan manusia bahwa semua nikmat yang mereka dapatkan adalah berasal dari Allah SWT. Dengan demikian, seseorang dapat mengucapkan syukur dan bersyukur atas nikmat-Nya.

Doa Berbuka Puasa Arab dan Turunannya

Doa berbuka puasa Arab turun dari sunnah Nabi Muhammad SAW. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa yang berbuka puasa dengan air dan kurma, maka ia telah memenuhi sunnah Nabi SAW.” Hadist ini menjelaskan bahwa Nabi SAW telah menyebutkan doa berbuka puasa Arab di saat berbuka puasa. Dengan demikian, umat muslim dapat mencontoh doa berbuka puasa ini.

Bacaan Doa Berbuka Puasa Arab dan Artinya

Doa berbuka puasa Arab ini dapat dibaca dengan bacaan berikut: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ افْطَرْتُ. Artinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ya Allah, sesungguhnya aku berpuasa karenaMu dan aku berbuka puasa dengan rahmatMu.” Doa ini dapat dibaca oleh siapa saja yang telah berpuasa.

Faedah Membaca Doa Berbuka Puasa Arab

Manfaat yang didapatkan dengan membaca doa berbuka puasa Arab ini adalah sebagai berikut: pertama, seseorang dapat meningkatkan tingkat ketaqwaannya terhadap Allah SWT; kedua, doa berbuka puasa ini dapat menjadi berkah untuk orang yang berpuasa; ketiga, doa ini dapat menjadi bentuk syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Dengan membaca doa ini, maka seseorang dapat mengharapkan berbagai kebaikan dari Allah SWT.

Manfaat Lain Doa Berbuka Puasa Arab

Manfaat lain yang didapatkan dengan membaca doa berbuka puasa Arab ini adalah dapat meningkatkan kedekatan seseorang dengan Allah SWT. Dengan memanjatkan doa ini, maka seseorang dapat meningkatkan keimanannya dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, orang yang membaca doa ini juga dapat mendapatkan pahala dan ampunan dari Allah SWT.

Kesimpulan

Doa berbuka puasa Arab beserta artinya dapat dibaca oleh siapa saja yang telah berpuasa. Doa ini dapat meningkatkan tingkat ketaqwaan seseorang terhadap Allah SWT, sekaligus menjadi bentuk syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Dengan membaca doa berbuka puasa ini, maka seseorang dapat mendapatkan pahala dan ampunan dari Allah SWT.