Doa Bepergian Beserta Artinya
Doa Bepergian Beserta Artinya

Doa Bepergian Beserta Artinya

Setiap manusia pasti akan mengalami perjalanan dalam hidupnya. Perjalanan yang dilakukan bisa jauh atau dekat, bisa dalam satu hari atau lebih, bisa dengan menggunakan kendaraan atau berjalan kaki. Semua perjalanan pasti memiliki resiko yang harus dihadapi. Maka dari itu, doa saat bepergian merupakan hal yang wajib dilakukan.

Doa saat bepergian merupakan bentuk ibadah yang harus dilakukan oleh seorang muslim. Doa ini dapat menjadi penolong dan perlindungan dari Allah SWT ketika kita melakukan perjalanan. Dengan mengucapkan doa, kita dapat melindungi diri kita dari berbagai macam bahaya dan resiko yang mungkin terjadi. Doa saat bepergian dipercaya dapat memberikan keamanan dan keselamatan bagi yang mengucapkannya.

Doa Saat Bepergian

Doa saat bepergian diucapkan ketika akan melakukan perjalanan. Berikut adalah doa saat bepergian beserta artinya:

“Allahumma inni as’aluka khairal maa syaa-a wa khairal maa aakhirat, wa khaira maa fiihima wa ‘aafinii fiimaa syaa-a wa ‘aafinii fiimaa aakhirat.” (Ya Allah, aku memohon kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, kebaikan dalam keduanya dan keselamatan dalam dunia dan keselamatan di akhirat).

“Allahumma ini aajirni minal masiihi wa dzunuubi, Allahumma inni as’aluka rahmataka wa haqqaha.” (Ya Allah, peliharalah aku dari kejahatan dan dosa, ya Allah aku memohon rahmat dan kebenaranmu).

“Allahumma inni as’aluka ilman naafi’an wa rizqon waasi’an wa shifa’an min kulli dzunuubin.” (Ya Allah, aku memohon ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari segala dosa).

“Allaahumma inni as’aluka rizqon thoyyiban wa shifaa’an minal ‘aadzaabi wa ‘aafinii minal ma’tsuubi wa zawwilni ‘ilmaa.” (Ya Allah, aku memohon rezeki yang baik dan kesembuhan dari siksaan, peliharalah aku dari siksa dan berilah aku ilmu).

Doa Bepergian yang Lain

Selain doa-doa di atas, berikut adalah beberapa doa bepergian yang bisa diucapkan sebelum melakukan perjalanan:

“Allahumma inni as’aluka al-‘izzata wa al-‘izzaha wa al-jamaal wa al-‘afaf wa al-maghfirata wa al-ghina.” (Ya Allah, aku memohon keagungan, kemuliaan, keindahan, kemampuan, ampunan dan kekayaan).

“Allahumma hawwin ‘alainaa safaranaa haadzihis salasati wa ‘aafinii bimaa ahyaytah.” (Ya Allah, mudahkanlah perjalanan kami dan peliharalah kami dari segala bahaya).

“Allahumma inni a’udzu bika minal-masiihi wa dzunuubi wa a’udzu bika minal qawliil adziim.” (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan dan dosa serta berlindung kepada-Mu dari perkataan yang keras).

Kesimpulan

Doa saat bepergian merupakan bentuk ibadah yang harus dilakukan oleh seorang muslim untuk melindungi diri dari bahaya dan resiko yang mungkin terjadi. Doa saat bepergian dipercaya dapat memberikan keamanan dan keselamatan bagi yang mengucapkannya. Selain itu, doa ini juga dipercaya dapat membawa keberkahan dan kemakmuran dalam hidup.