Doa Bangun Tidur dan Sebelum Tidur Beserta Artinya
Doa Bangun Tidur dan Sebelum Tidur Beserta Artinya

Doa Bangun Tidur dan Sebelum Tidur Beserta Artinya

Berdoa adalah salah satu cara untuk mengingatkan diri kita bahwa semua yang kita lakukan adalah atas ijin dan berkat Tuhan. Sebelum melakukan sesuatu, kita sebaiknya berdoa agar semua hal yang kita lakukan berjalan dengan lancar.

Tidak hanya sebelum melakukan sesuatu saja, sebelum kita tidur pun kita juga sebaiknya berdoa. Doa yang dibaca sebelum tidur memiliki tujuan untuk meyakinkan pikiran kita bahwa kita tidak sendirian dan bahwa Tuhan akan memelihara kita sepanjang malam. Doa ini juga membantu kita untuk bersyukur dan mengingatkan kita untuk melakukan hal-hal yang baik.

Berikut ini adalah beberapa doa yang bisa anda baca sebelum tidur dan ketika bangun tidur serta artinya.

Doa Bangun Tidur

Doa bangun tidur adalah doa yang sebaiknya dibaca ketika anda baru saja bangun dari tidur. Doa ini biasanya berisi pujian-pujian kepada Allah dan permohonan keselamatan.

Doa bangun tidur yang paling populer adalah doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, yaitu:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kita setelah menghidupkan kita dan kepada-Nya-lah kita akan dikembalikan.”

Doa Sebelum Tidur

Doa sebelum tidur adalah doa yang sebaiknya dibaca sebelum anda tidur. Doa ini biasanya berisi permohonan perlindungan dan keselamatan kepada Allah.

Doa sebelum tidur yang paling populer adalah doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, yaitu:

اللهُـمَّ بِكَ أَحْـيَا وَبِكَ أَمُـوتُ وَإِلَـيْكَ الْمَصِيْرُ

Artinya: “Ya Allah, dengan rahmat-Mu aku hidup dan dengan rahmat-Mu aku mati dan kepada-Mu-lah aku kembali.”

Doa Bangun Tidur dan Sebelum Tidur Lainnya

Selain dua doa di atas, ada banyak doa lain yang dapat anda baca sebelum tidur dan ketika bangun tidur. Contohnya adalah doa berikut:

اللهُـمَّ عالِـمَ الغَـيْبِ وَالشّـهادَةِ فاطِـرَ السّماواتِ وَالأرْضِ رَبَّ كـلِّ شَـيءٍ وَمَليـكَه ، أَشْهَـدُ أَنْ لا إِلـهَ إِلاّ أَنْت ، أَعـوذُ بِكَ مِن شَـرِّ نَفْسِـي وَمِن شَـرِّ الشَّيْـطانِ وَشِـرْكِهِ ، وَأَنْ أَقْدِـرَ عَلَـى إِخْـلافِهِ

Artinya: “Ya Allah, Yang Maha Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Yang Maha Membuat langit dan bumi, Tuhan dan Penguasa segala sesuatu, Aku bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah kecuali Engkau, Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan diriku dan dari kejahatan setan dan segala perbuatannya, dan aku menetapkan untuk berbuat maksiat kepadanya.”

Doa Bangun Tidur dan Sebelum Tidur: Kesimpulan

Doa sebelum tidur dan ketika bangun tidur adalah cara yang baik untuk mengingatkan kita bahwa semua yang kita lakukan adalah atas ijin dan berkat Tuhan. Doa ini juga membantu kita untuk bersyukur dan mengingatkan kita untuk melakukan hal-hal yang baik. Dengan berdoa, kita dapat melihat sisi positif dari setiap situasi yang kita hadapi dalam hidup kita. Dengan cara ini, kita akan menjadi lebih bersyukur dan menghargai semua yang sudah kita miliki.