Doa Bangun Tidur Beserta Artinya
Doa Bangun Tidur Beserta Artinya

Doa Bangun Tidur Beserta Artinya

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan tertentu yang dilakukan saat bangun dari tidur. Salah satu kebiasaan yang sudah lama ada adalah melakukan doa ketika selesai bangun tidur. Doa ini dipercaya mampu menghapus dosa atau malapetaka yang didapat selama tidur. Selain itu, doa juga bisa memberikan kita kekuatan dan ketenangan ketika menghadapi kehidupan setelah bangun tidur.

Apa Manfaat Doa Bangun Tidur?

Doa bangun tidur berfungsi untuk menghapus dosa yang dilakukan selama tidur dan memberikan kita kekuatan dan ketenangan setelah bangun tidur. Doa bangun tidur juga dipercaya bisa memberikan perlindungan dan keberkahan kepada orang yang melakukannya. Selain itu, doa bangun tidur juga berfungsi sebagai bentuk rasa syukur kita pada Allah atas karunia-Nya yang telah diberikan selama tidur.

Apa Doa Bangun Tidur yang Biasa Dipakai?

Doa bangun tidur yang biasa dipakai adalah doa yang disebutkan dalam Al-Qur’an. Doa ini adalah “Alhamdulillahilladzii ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihin nushuur”. Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada-Nya kami dikembalikan”. Selain itu, doa bangun tidur yang lain adalah “Astaghfirullahaladzim wa atoobu ilaih”. Artinya, “Aku meminta ampun kepada Allah yang Maha Pengampun dan bertobat kepada-Nya”.

Apa Doa Bangun Tidur yang Bisa Dilakukan Setiap Hari?

Doa bangun tidur yang bisa dilakukan setiap hari adalah doa yang disebutkan dalam hadits. Doa ini adalah “Alhamdulillahillazi ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihin nushuur”. Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada-Nya kami dikembalikan”. Selain itu, doa yang bisa dilakukan setiap hari adalah “Subhanallahi wa bihamdihi, subhanallahil azim”. Artinya, “Maha suci Allah dan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah Yang Maha Agung”.

Apakah Ada Doa Bangun Tidur Khusus untuk Anak-anak?

Ada beberapa doa bangun tidur khusus untuk anak-anak. Salah satu doa yang biasa dipakai adalah “Allahumma antal mawlaa wa antal qasama wa antal hujjata wa antal mawaddata wa antal baria wa antal shafi’a wa antal waasi’a wa antal haadiya wa antal qaharina”. Artinya, “Ya Allah, Engkau adalah penolong kami, pegangan kami, hujjah kami, penyayang kami, pembela kami, penyembuh kami, pemberi petunjuk kami, dan pengendali kami”.

Apakah Doa Bangun Tidur Termasuk Sunnah?

Doa bangun tidur adalah salah satu dari tiga macam sunnah yang harus dilakukan oleh umat muslim. Sunnah ini disebut dengan “sunnah qabliyah” yang artinya adalah sunnah yang dilakukan sebelum melakukan sesuatu. Oleh karena itu, melakukan doa ketika bangun dari tidur adalah bagian dari sunnah qabliyah yang harus dilakukan oleh umat muslim.

Apa Makna Doa Bangun Tidur?

Doa bangun tidur berarti bahwa setiap orang harus mengingat Allah dan menyadari bahwa Allah adalah satu-satunya yang dapat memberi kita kekuatan dan ketenangan setelah bangun dari tidur. Doa bangun tidur juga berarti meminta perlindungan dan keberkahan kepada Allah agar kita bisa melakukan segala urusan dan aktivitas dengan baik. Doa ini juga berarti mengucapkan rasa syukur kita atas nikmat yang telah Allah berikan selama kita tidur.

Bagaimana Cara Melakukan Doa Bangun Tidur?

Caranya cukup mudah. Pertama, kita harus bersujud ketika mengucapkan doa bangun tidur. Kemudian, kita harus mengucapkan doa dengan jelas dan tekun. Selain itu, kita juga harus membayangkan bahwa Allah ada di samping kita. Setelah itu, kita harus memanjatkan doa kepada Allah agar kita mendapatkan perlindungan dan keberkahan dalam melakukan segala urusan dan aktivitas setelah bangun tidur.

Kesimpulan

Doa bangun tidur adalah salah satu sunnah yang harus dilakukan oleh umat muslim. Doa ini dipercaya mampu menghapus dosa atau malapetaka yang didapat selama tidur, memberikan kita kekuatan dan ketenangan, serta memberikan perlindungan dan keberkahan kepada orang yang melakukannya. Caranya adalah dengan bersujud ketika mengucapkan doa, mengucapkan doa dengan jelas dan tekun, serta membayangkan bahwa Allah ada di samping kita. Doa ini harus dilakukan setiap hari oleh umat muslim.